Penelitian: Pasta Sehat untuk Anda

94
pasta

Pasta sering dianggap makanan tabu oleh orang yang sedang dalam proses menurunkan berat badan karena kandungan karbohidrat yang tinggi. Tapi  Anda harus mendapatkan jenis karbohidrat, pada saat  yang tepat. Sangat penting untuk mengetahui perbedaan antara karbohidrat yang baik dengan karbohidrat yang buruk.

Karbohidrat yang sederhana, sering disebut sebagai “karbohidrat,” adalah sumber energi utama tubuh, dan merupakan bagian penting dari setiap diet yang sehat. Karbohidrat tidak harus dihindari, tetapi penting untuk memahami bahwa tidak semua karbohidrat adalah sama.

Karbohidrat yang sederhana terdiri dari gula dasar yang mudah dicerna dengan sedikit manfaat bagi tubuh. Semakin tinggi kadar gula dan semakin rendah kadar serat, maka semakin buruk karbohidrat untuk Anda. Pasta putih (pasta biasa) adalah contoh karbohidrat yang sederhana.

Pasta bijian utuh (whole grain) mengandung karbohidrat yang kompleks. Karbohidrat yang kompleks dianggap “baik” karena memiliki rangkaian gula yang lebih panjang sehingga tubuh memerlukan lebih banyak waktu untuk mengurainya. Karbohidrat yang kompleks umumnya memiliki kadar glikemik rendah, yang berarti bahwa Anda mendapat kadar gula yang lebih rendah dengan kecepatan yang lebih konsisten.

Banyak orang yang ingin menurunkan berat badan memandang karbohidrat sebagai musuh, namun jika memilih jenis karbohidrat yang tepat malahan akan membantu menurunkan berat badan dengan cara memberi rasa kenyang dan mencegah datangnya rasa lapar. Pasta adalah sumber karbohidrat yang kompleks yang baik, karena melepaskan energi secara perlahan sehingga Anda akan makan lebih sedikit dalam jangka panjang.

Pasta bijian utuh memberikan lebih banyak manfaat dari pasta putih. Satu cangkir spaghetti yang telah dimasak memiliki sekitar 220 kalori, 1 gram lemak dan tidak mengandung kolesterol.

Pasta bijian utuh mengandung kalori yang sama seperti pasta putih namun lebih banyak mengandung protein, serat dan vitamin.

Kendalikan porsi makanan

Kendalikan porsi makanan. 1 –  1 1/2 cangkir pasta untuk setiap orang dan tambahkan sayuran, daging tanpa lemak, kacang-kacangan atau ikan untuk mengimbangi makanan.

Indeks Massa Tubuh

Penelitian yang diterbitkan di dalam Nutrisi dan Diabetes, menunjukkan bahwa konsumsi pasta tidak berkontribusi terhadap obesitas, dan sungguh terkait dengan indeks massa tubuh yang lebih rendah. Indeks massa tubuh digunakan untuk menentukan berapa banyak lemak seseorang berdasarkan usia, jenis kelamin, tinggi dan berat badan.

Catatan penting

Untuk menjadi sehat tidak berarti harus secara ekstrim tergantung pada atau menghindari jenis makanan tertentu dalam diet Anda.

Makan makanan yang seimbang yang mencakup biji-bijian, daging, sayuran, dan buah adalah cara hidup yang sehat.(NTDTV/Vivi/Yant)