Tips: Cara Praktis Membuat Kompres Panas untuk Meredakan Nyeri Otot atau Sendi

110
Nyeri otot

Apakah Anda menderita nyeri otot atau sendi? Apakah Anda menderita nyeri punggung dan bahu akibat bekerja selama berjam-jam di depan komputer? Apakah Anda sering merasa kedinginan? Jika ya, Anda sebaiknya mencoba ramuan tradisional Tiongkok  yang sederhana namun efektif ini.

Sangat mudah untuk membuatnya dan hanya terdiri dari tiga bahan, yaitu: garam laut mentah, daun bawang, dan jahe. Sebagian besar orang yang sudah mencobanya melaporkan hasil yang memuaskan.

Cara:

  1. 1,4 Kg garam laut mentah (“garam” murni, garam karang) yang tidak ditambahkan bahan kimia ke dalamnya. Taruh garam dalam wajan dan panaskan selama 10 menit dengan api sedang dan aduk secara teratur. Atau, taruh garam di dalam oven microwave selama 5-8 menit.
  2. Masukkan delapan ons daun bawang segar yang sudah dicincang halus dan delapan ons irisan jahe segar ke dalam wajan.
  3. Tambahkan garam panas tadi dan aduk ketiga bahan tersebut sampai daun bawang dan jahe menjadi lembut. Sisihkan jahe dan daun bawang dari garam  tersebut.
  4. Taruh garam laut yang panas tersebut ke dalam kantong katun, kaus kaki tebal, atau tas kain sepatu.
  5. Ikat bukaan “tas garam” panas tersebut dan dengan hati-hati rasakan panasnya. Jika terlalu panas, bungkus dengan handuk kecil supaya kulit tidak terbakar saat diletakkan pada daerah kulit yang menderita nyeri otot atau sendi.

Anda akan merasakan bahwa nyeri reda dalam waktu sekitar lima menit!

Tips penting:

• Pastikan bahwa garam adalah cukup hangat saat ditaruh pada kulit, jika terlalu panas karena akan membakar atau mengiritasi kulit.

• Anda dapat menggunakan kembali garam laut mentah tersebut — Anda harus mengulang tiga langkah di atas.

• Anda dapat menyimpan tas garam di lemari dapur bila masih ingin digunakan lagi.

• Jika Anda ingin menaruh  kompres garam ke seluruh tubuh, maka yang terbaik adalah dimulai dari kaki, kemudian ke lutut, punggung, bahu, dan leher.(Visiontimes/Vivi/Yant)