Wapres AS Mike Pence Akan ke Indonesia Ketemu Jokowi, Membahas Freeport?

255
Wapres AS Mike Pence (Spencer Platt/Getty Images)

JAKARTA – Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence direncanakan akan mengunjungi Indonesia dalam lawatan kunjungan resmi kenegaraan Amerika Serikat. Selain ke Indonesia, Wapres AS ini juga akan mengunjungi sejumlah negara di Asia.

Hal demikian disampaikan oleh Menkopolhukam Wiranto usai bertemu dengan Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph R. Donovan di Kantor Menkopolhukam, Jakarta, Senin (13/2/2017). Saat kedatangan Dubes AS ini dibahas soal kunjungan Wapres AS ke Indonesia.

Sebagaimana ditulis Reuters, Wakil Presiden Mike Pence akan mengunjungi Jepang dan Indonesia sebagai bagian dari tur Asia pada bulan depan. Tur Pence ini  mencakup kunjungan resmi kenegaraan ke Korea Selatan dan Australia.

Mengutip pemberitaan Reuters, Menkopolhukam Wiranto mengatakan Wapres Pence akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo untuk membahas masalah terorisme dan persoalan keamanan lainnya.

“Kami berdiskusi soal rencana kunjungan wakil presiden Mike Pence ke Idonesia dan masalah strategis yang akan menjadi agenda diskusi dengan presiden kami,” kata Wiranto usai bertemu dengan Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph R. Donovan.

Namun demikian, hingga kini belum diketahui secara pasti mengenai tanggal tepat kedatangan Wapres AS itu.  Reuters menambahkan, saat di Indonesia Pencediperkirakan akan membahas perselisihan kontrak antara pemerintah dan Freeport McMoRan Inc, kata dua sumber pemerintah Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Freeport telah mengancam menyeret pemerintah Indonesia ke Pengadilan Arbitrase Internasional atas polemik kontrak karya. Akibatnya beberapa waktu lalu saham perusahaan tambang terbesar itu sempat terpuruk 0,40 sen dolar AS atau sekira 2,83% menjadi USD13,73. (asr)