Bocah 4 Tahun ini Berjalan Menerobos Kegelapan Malam Bersalju Mencari Bantuan untuk Menyelamatkan Neneknya yang Sakit

237
Saglana Salchak, Gadis Rusia 4 tahun berjalan kaki sendirian sejauh 8 KM menerobos kegelapan malam yang bersalju untuk mendatangi tetangga terdekat dalam rangka meminta bantuan untuk menyelamatkan neneknya yang sedang sakit. (YouTube screenshot)

Oleh Wu Ying

Seorang gadis Rusia berumur 4 tahun yang tinggal di belantara Siberia telah berjalan kaki seorang diri menerobos kegelapan malam bersalju sejauh 5 mil (+/- 8 KM) untuk mencari bantuan tetangga dalam rangka menyelamatkan neneknya yang sedang sakit.

Keberanian serta jiwa bakti yang ia tunjukkan kemudian mendapat pujian dari warga setempat.

Media Inggris ‘The Guardian’ memberitakan, Saglana Salchak hidup bersama kakek dan nenek, mereka tinggal di sebuah desa pertanian terpencil di hutan taiga bagian dari Republik Tuva yang dekat dengan perbatasan Mongolia.
Desa yang paling dekat berjarak melebihi 12 mil (+/- 19 KM), dan tetangga paling dekat pun berjarak lebih dari 5 mil (8 KM).

Suatu hari pada bulan lalu, Saglana saat bangun malam tiba-tiba menemukan neneknya yang sudah berusia 60 tahun tidak bisa bergerak. Ia segera memutuskan untuk mencari bantuan tetangga setelah meminta ijin dan berpamit kepada kakek yang kedua matanya sudah buta.

Saglana yang masih lugu itu hanya membawa satu kotak korek api untuk berjaga-jaga kalau perlu digunakan dalam perjalanan menuju tetangga terdekat. Ia seorang diri menerobos gelapnya malam yang suhunya mencapai minus 34 derajat Celcius.

Ia menghabiskan beberapa jam untuk menelusuri bantaran sungai sepanjang 5 mil dengan berjalan selangkah demi selangkah melalui tumpukan salju yang tingginya hampir sama dengan badannya untuk tiba di rumah tetangga terdekat.

Ia cukup beruntung tidak terjebak dalam tumpukan salju atau bertemu dengan serigala pemakan hewan ternak yang memang banyak berkeliaran di wilayah itu saat langit masih gelap.

“Tuva terkenal banyak serigalanya,” kata pemimpin pencarian dan penyelamatan lokal bernama Semyon Rudtsov.

“Serigala suka makan hewan ternak, dalam kegelapan malam, ia sangat mungkin menghadapi binatang itu,” tambahnya.

Gadis cilik akhirnya tiba juga di rumah tetangganya. (YouTube screenshot)

Saglana tidak menyadari kalau ia sudah sampai di dekat rumah tetangganya, dan ia bakal kebablasan bila tidak ditegur oleh salah seorang tetangga yang kebetulan melihatnya. Tetangga segera mendatangkan staf medis desa untuk memeriksa kondisi gadis cilik tersebut.

Setelah itu baru bersamanya berjalan pulang ke rumah kakek untuk menolong  nenek Salgana yang sebetulnya sudah meninggal dunia karena serangan jantung sebelum mereka tiba.

Saglana mengatakan bahwa ia tidak merasa takut meskipun harus berjalan sendirian melalui belantara karena yang terpikir hanya ingin secepatnya menemukan tetangga untuk membantu neneknya. Tetapi ia mengaku, “Saya ingin makan sesuatu karena udara sangat dingin”.

Saglana terserang flu sehingga perlu diopname di rumah sakit, tetapi kondisinya cepat pulih. Ia kini dititipkan di sebuah Pusat Penampungan dan baru saja merayakan ulang tahunnya yang kelima, dan menerima banyak pujian dari warga setempat.

Bagi penduduk yang terbiasa tinggal di wilayah bersalju hampir sepanjang tahun, mereka saja sulit membayangkan bagaimana seorang gadis cilik ini bisa memiliki keberanian yang begitu besar dan mampu mengatasi ekstremnya cuaca untuk menyelamatkan neneknya yang sedang sakit.

Eleonora, ibunda Saglana hidup dengan suami barunya di daerah lain dan bekerja sebagai penggembala kuda. Petugas dinas sosial berencana untuk mengembalikan Saglana kepada ibunya nanti setelah pulang dari menggembala kuda pada Mei mendatang.

Namun, komite investigasi Tuva pada 12 Maret telah mengeluarkan putusan untuk mengajukan tuntutan terhadap Eleonora, karena ia dianggap mengetahui kondisi kesehatan kedua orangtuanya yang tidak mungkin bisa dititipi dan merawat cucu yang usianya masih balita, tetapi tetap memaksa.

Bila tuntutan terbukti, maka Eleonora bisa dikenakan hukuman penjara paling lama 1 tahun. (Sinatra/rmat)