Cara Mengurangi Kandunga Arsenik Hingga 80% Dalam Beras

125
arsenik
Ilustrasi. (500 MILES / Shutterstock)

Kadar arsenik yang tinggi adalah beracun bagi manusia, dan arsen terkait dengan kanker, masalah jantung, masalah pertumbuhan, dan diabetes.

Telegraph telah menerbitkan sebuah artikel menarik tentang cara paling aman untuk mempersiapkan beras dalam menghilangkan sebagian kadar arsenik. Andy Meharg, seorang ilmuwan yang artikelnya banyak diterbitkan dan juga seorang profesor Ilmu Biologi Universitas Queens Belfast, melakukan percobaan yang membandingkan metode untuk memasak nasi, yaitu:

1. Masak 2 bagian air dengan 1 bagian beras. Air “dikukus keluar” selama memasak.
2. Masak 5 bagian air dengan 1 bagian beras. Kelebihan air dibuang.
3. Rendam beras semalaman, kemudian beras dicuci bersih sebelum dimasak.

Pada metode nomor 2, 50% kadar arsen hilang. Pada metode nomor 3, merendam beras semalaman, dicuci bersih, kemudian dimasak menghilangkan 80% kadar arsen.

Berapa persen arsen yang hilang jika beras yang direndam semalaman dan dimasak dengan 5 bagian air dengan 1 bagian beras? Profesor Meharg menjawab bahwa merendam beras semalaman, dicuci bersih, dan kemudian dimasak dengan 5 bagian air dengan 1 bagian beras, menghilangkan 80% kadar arsenik (kombinasi # 3 dan # 2).

Dia mengatakan  tidak dapat menjawab apakah dengan hanya merendam beras semalaman saja akan mengurangi kadar arsenik yang terkandung di dalamnya, karena dia tidak melakukan uji tersebut. Meharg menyatakan, “Kami tidak memeriksa kadar arsen dalam tahap peralihan, karena kami terutama khawatir dengan kadar arsenik dalam beras pada tahap akhir.”

Maka jika kita ingin menghilangkan 80% kadar arsenik, kita perlu melakukan hal berikut:

• Rendam beras semalaman dan cuci bersih dengan air mengalir.

• Masak dengan 5 bagian air dengan 1 bagian beras dan tuangkan kelebihan air sebelum menjadi nasi.(Epchtimes/Vivi/Yant)