Anda mungkin pernah mendengar tentang “Mozart effect”, yang mengatakan bahawa dengan mendengar musik klasik, terutamanya yang dicipta oleh Amadeus Mozart bisa meningkatkan kecerdasan dan kemampuan kognitif.

Teori Mozart effect memang cukup popular, tetapi pernahkah Anda mendengar tentang “lullaby effect” (Lullaby merupakan satu jenis lagu yang diintentikan dengan lagu pengantar tidur) yang mengatakan bahawa terdapat lagu tertentu yang bisa membuatkan bayi tertidur?

Lullaby atau dalam masyarakat Indonesia disama artikan dengan nina-bobok.

Bayi didodoi dengan alunan musik atau mungkin lagu sehingga mereka tertidur.

Baru-baru ini para ilmuwan secara resmi telah menegaskan bawah lullaby memiliki efek menenangkan, menurunkan stres, dapat meningkatkan hubungan antara orang tua dan anak serta dapat memperbaiki kualitas tidur.

Selain itu,lullaby effect adalah sesuatu yang bersifat universal dan melintasi budaya yang berlainan di dunia, walaupun dengan nada dan corak irama yang sama.

Penjelasan fenomena ini adalah seperti menggambarkan dan mengingatkan bayi dengan suasana di dalam rahim.

Cara terbaik untuk menenangkan bayi supaya tidur adalah dengan menyanyikan lagu yang lembut, kerana suara orang tua adalah bunyi yang paling indah untuk telinga kanak-kanak.(Erabaru.my/Yant)

https://www.facebook.com/InspiredLifePage/videos/1116234225165796/

Share
Tag: Kategori: MISTERI SERBA SERBI

Video Popular