5 Cara Mudah Menyiapkan Kotak Makan Siang untuk Anak di Sekolah

106
kota makanan
adriaticfoto/Shutterstock)

Meskipun kita adalah orangtua yang sibuk, namun kita sadar bahwa menyiapkan kotak makan siang untuk anak-anak kita di sekolah jauh lebih baik daripada membeli makanan di kantin sekolah karena makanan tersebut akan menjadi bahan bakar tubuhnya.

Jadwalkan hari persiapan

Jadwalkan kapan Anda berbelanja makanan dan segera proses semua makanan yang telah Anda beli. Begitu Anda tiba di rumah, bilas dan potong sayuran. Masak dan simpan daging tanpa lemak. Jadi Anda menyiapkan semuanya di muka selama seminggu. Jika Anda sibuk, hanya boleh sehari saja Anda menyiapkan makanan ringan siap saji di kotak  makan siang anak untuk dibawa ke sekolah.

Air minum adalah yang terbaik

Air minum adalah yang terbaik untuk diminum oleh anak di sekolah. Jus dan minuman ringan mengandung gula dan hanya memberikan sedikit atau tidak ada nilai gizi. Satu buah utuh jauh lebih bergizi daripada jus yang sudah diproses.

Persiapan di malam hari

Sandwich  atau buah akan tetap segar selama lebih dari satu hari, maka persiapan sebelum tidur supaya tidak terburu-buru di pagi hari.

Makan Whole Food dan makanan yang mengandung kadar gula yang rendah

Whole food adalah makanan yang tidak melalui proses pengolahan secara industri di pabrik , masih bersifat alami atau utuh dari asalnya, tidak mengandung bahan tambahan seperti garam, gula, lemak, atau perasa kimia, contohnya buah segar, biji-bijian, daging mentah, ikan, dan susu.

Jika Anda membuat sandwich, pertimbangkan untuk tidak menggunakan roti putih yang telah diproses untuk  dibungkus dengan selada, namun menggunakan roti gandum organik untuk dibungkus daun selada.

Pertimbangkan makanan seperti apel, pisang, anggur, berry, pir, irisan jeruk, batang seledri, wortel, irisan mentimun, telur rebus, irisan keju, dan tanpa yogurt atau yogurt rendah gula.

Ajak anak ikut menyiapkan makanannya

Bahkan anak kecil pun dapat diajarkan untuk menyiapkan kotak makan siangnya, terutama jika banyak persiapan yang telah Anda lakukan, dengan demikian Anda mengajar mengenai nutrisi dan mempersiapkan makan kepadanya.(Epcohtimes/Vivi