Banyak orang yang beralih minum ‘pil pintar’  dengan harapan meningkatkan kemampuan mental. Tapi apakah mereka bisa bekerja, dan akan  mengubah manusia menjadi pemikir manusia super?

Rasa lapar akan  pengetahuan dan tidak pernah berhenti belajar mendorong orang memikirkan cara-cara baru untuk membantu membuat pikiran mereka tak  terbatas. Apakah  ini akan  mengubah atau menghambat struktur normal pemikiran manusia?

Untuk lebih memahaminya, berikut adalah beberapa fakta mengenai ‘pil pintar’ dan mekanismenya:

Apa itu nootropik?

Istilah ilmiah untuk ‘pil pintar’  adalah nootropik atau obat-obatan yang cerdas, yang dapat meningkatkan fungsi otak, memori, kreativitas, dan motivasi. Pembuat ‘ pil pintar ‘  mengklaimnya sebagai peningkat kognitif sintetis yang memperkuat fokus, perhatian, dan terjaga.

Penderita Alzheimer yang memiliki masalah memori dan konsentrasi adalah yang pertama menggunakan jenis obat ini. Saat ini, beberapa negara menggolongkan nootropik sebagai suplemen yang dapat dibeli secara bebas di toko obat tanpa memerlukan resep.

Nootropik sintetis berlimpah

Ada terlalu banyak nama obat nootropik sintetis, yang terkenal adalah Modafinil, Armodafinil, dan Adrafinil.

Salah satu nootropik paling umum digunakan adalah Modafinil (juga dikenal sebagai Provigil), yang awalnya digunakan untuk mengobati narkoleptik, atau orang yang memiliki gangguan otak kronis sehingga menyebabkan kantuk yang tidak terkendali. Obat ini bukan perangsang, tetapi membantu penderita tetap terjaga dan meningkatkan kemampuan memori dan suasana hati yang memenuhi syarat sebagai nootropik.

Armodafinil mirip dengan Modafinil dan membuat orang tetap terjaga. Namun, masih belum diketahui cara kerjanya dalam mempengaruhi otak manusia. Pekerja shift malam dan orang yang ingin berkonsentrasi lebih baik atau harus aktif secara mental dapat menggunakan Adrafinil.

Adrafinil diketahui bereaksi 40 menit sampai satu jam setelah diminum. Adrafinil dibuat secara sintetis dan mungkin memiliki efek samping yang merugikan. Orang yang secara genetik diwariskan penyakit jantung, wanita hamil, dan wanita menyusui disarankan untuk tidak minum Adrafinil.

Ada cara alami meningkatkan memori

Ada cara alami untuk meningkatkan memori, terjaga, dan fokus. Teknik seperti aromaterapi dan mendengarkan musik hanya beberapa kegiatan yang berdampak positif pada memori dan perhatian manusia.

Beberapa suplemen alami memiliki zat yang bersifat nootropik, termasuk vitamin DHA, theanin, dan kreatin.

Ginkgo biloba, misalnya, adalah suplemen nootropik alami yang efektif. Ginkgo biloba dikenal sebagai peningkat memori, kognitif, dan suasana hati. Selain Ginkgo biloba, L-theanin juga dianggap sebagai nootropik alami. Teh hijau adalah sumber alami L-theanin, dan penelitian telah menunjukkan bahwa L-theanin mengurangi kerusakan saraf dengan cara melindungi musnahnya sel otak di masa depan.

Saat ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) tidak mempertimbangkan nootropik alami ini sebagai obat, namun sebagai suplemen.

Satu-satunya cara minum nootropik yang aman adalah konsultasi dengan dokter. Mengonsumsi nootropik terlalu banyak dapat mengakibatkan kerusakan otak, sehingga harus diresepkan oleh dokter.(Visiontimes/Vivi/Yant)

Share

Video Popular