5 Pasukan Polisi Terbaik di Dunia

311

Tugas individu yang menjabat sebagai seorang anggota polisi bukanlah mudah. Selain mempertahankan keamanan negara dengan memerangi kegiatan kriminal, polisi juga berperan dalam memastikan kepatuhan hukum dan peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Berikut adalah daftar lima negara yang memiliki pasukan polisi terbaik di dunia.

5- Prancis

Berada pada grafik kelima adalah negara Perancis. Meskipun sering diklasifikasikan sebagai kota romantis, kegiatan kasus pidana tetap ada. Belum lama ini, dunia digemparkan dengan berita pengeboman yang menewaskan lebih ratusan nyawa.

Mengingat anggota polisi kebanyakan tidak dilatih untuk menangani bom atau kejahatan-kejahatan yang potensial dalam menghancurkan seluruh kota, Prancis telah bertindak untuk membentuk skuad penegak hukum yang dikenal sebagai The Gendarmerie Nationale.

Tim ini bertanggung jawab menangani kasus-kasus ekstrem dan selalu siap untuk menghadapi serangan dengan berbagai mekanisme pertahanan, keterampilan dan pelatihan secara berkelanjutan.

4. United Kingdom

Dikenal sebagai The National Police Force of the United Kingdom telah melaksanakan kampanye kesadaran tentang nomor darurat polisi untuk mendorong masyarakat untuk menghubungi polisi di waktu darurat.

Usaha ini menggambarkan dedikasi anggota polisi untuk melayani rakyat.

Selain itu, sistem perekrutan polisi yang dilaksanakan juga melibatkan proses yang ketat dari aspek kualitas dan memenuhi standar yang ditetapkan serta menjalani latihan intensif.

Hal ini adalah untuk memastikan bahwa petugas polisi yang direkrut adalah terdiri dari anggota polisi yang terbaik dan mampu melayani negara dan rakyat.

3. Italia

Polisi Nasional Italia (The Italian National Police) dikategorikan sebagai salah satu tim polisi terbaik karena pernah mencapai kesuksesan melalui penangkapan 2 orang pimpinan mafia yang paling berbahaya pada saat itu.

Dengan jumlah sebanyak 300.000 anggota polisi yang dipecah menjadi 5 tim polisi negara dan 5 tim polisi lokal, jumlah ini merupakan jumlah tertinggi anggota polisi di Uni Eropa.

Sebagai salah satu tim polisi yang terhebat di dunia, tim polisi Italia juga diberikan dua buah mobil Lamborghini yang dirancang khusus untuk memerangi pelanggaran yang terjadi di atas jalan raya.

Dua anggota polisi beruntung diberi kesempatan untuk melakukan tugas dengan mobil ini harus diberikan pelatihan intensif sebelum diberikan persetujuan untuk mengendarai mobil dengan merek kelas dunia tersebut.

2. Amerika Serikat

Anda pasti pernah mendengar tentang FBI (Federal Bureau of Investigation), The SWAT (Special Weapons And Tactics), CIA (Central Intelligence Agency), tentara Amerika Serikat dan juga APF (American Police Force).

Tim polisi bagi negara ini bukan saja tidak gentar dalam memerangi terorisme malah tim ini turut dilatih secara intensif dalam menjalankan operasi penyelamatan sandera, serbuan dan kegiatan intelijen membuatnya antara tim yang sangat efektif dalam menjaga keamanan.

Antara kesuksesan yang pernah diperoleh adalah operasi penangkapan dan pembunuhan Osama bin Laden setelah satu dunia mencoba untuk melacaknya selama satu dekade.

1. Jepang

Mengungguli carta pertama dalam tim polisi terbaik di dunia adalah milik negara Jepang. Anggota polisi pria serta wanita diberi pelatihan secara sama rata dan tanggung jawab untuk menangani masalah terkait departemen masing-masing.

Kemampuan polisi Jepang dalam menjalankan berbagai tugas termasuk melaksanakan sistem manajemen krisis bagi korban bencana alam dan kerusuhan polisi menggambarkan betapa trampilnya mereka ini.

Selain itu, layanan polisi juga dilaksanakan melalui sistem yang dikenal sebagai “Kobans” yaitu kantor polisi kecil yang ditempatkan di seluruh pelosok negeri untuk meningkatkan langkah menjaga keamanan negara. (NTD.TV/Erabaru.com.my/asr)