Ibu yang Melahirkan Anak Pertamanya Pada Usia 72 Tahun, Kesehatannya Makin Menurun

125

Warga India berasal dari Amritsar, Punjab, Daljinder Kaur, 72 tahun melahirkan anak pertamanya pada 19 April tahun lalu. Wanita itu yang kini berusia 73 tahun mengatakan bahwa setelah dia melahirkan Armaan, anaknya, dia mengalami masalah tekanan darah tinggi dan lemah sendi.

Dia dan suaminya, Mohinder Singh Gill, 80, memutuskan untuk mendapatkan anak melalui perawatan IVF setelah 46 tahun menikah tanpa anak. Pengobatan ini dilakukan oleh Dr Anurag Bishnoi, 43, yang setuju membantu pasangan itu mendapatkan anak.

Namun, Daljinder mengakui bahwa badannya sudah tidak mampu dan itu jauh lebih sulit dari apa yang dibayangkan. Selain dari kondisi tubuhnya yang lemah, anaknya Armaan juga mengalami masalah pertumbuhan karena ibunya terpaksa berhenti dari menyusu badan ketika dia berusia 3 bulan.

Kata Daljinder lagi, darah tinggi yang dialaminya semakin bertambah dan dia lebih cepat kelelahan. Ketika bertemu dengan dokter pula, mereka sekadar memberikan obat dan rencana diet.

Daljinder sekarang sangat mencemaskan kondisi kesehatannya dan juga anaknya, Armaan.

Armaan Singh, yang akan mencapai usia setahun pada bulan depan, lahir dengan berat 1.6kg saja. Kini, beratnya hanya sebesar 6.8kg.

“Dia masih berada di bawah berat badan normal,” kata Daljinder. Daljinder juga menyatakan bahwa ukurannya itu menyebabkan popok tidak muat. “Itu mungkin karena saya tidak memberinya makan dengan sempurna.”

Daljinder sempat berkonsultasi kepada dokter tentang Armaan  diberi  obat untuk menambah berat badannya.  Tetapi dokter hanya merekomendasikan agar berat badan itu bertambah secara alami. (Erabaru.com.my/asr)