Pohon Betula Berumur 215 Tahun Tumbang, Terkuak Rahasia Puluhan Abad yang Tersimpan di Bawah Akarnya

490
pohon

Angin musim dingin di Irlandia bertiup kencang, mengakibatkan sebatang pohon betula yang sudah berumur 215 tahun tumbang tercabut dari akar-akarnya. Tak disangka ada sebuah rahasia yang sudah tersimpan selama berabad’abad.

Di antara akar akar pohon tersebut ditemukan tulang belulang manusia yang seakan memang sengaja dikubur dengan menanamkan sebatang pohon di atas gundukan tanahnya.

Ahli segera hadir untuk melakukan penyelidikan, tetapi makin diselidiki makin membingungkan.

Aneh, tulang belulang bagian bawah badan terkubur dalam tanah tetapi bagian atas badan tertanam di akar pohon.

Para ahli menggunakan teknik penangganan radikarbon menemukan bahwa tulang belulang tersebut berasal dari seorang pria berusia antara 17 hingga 20 tahun. Selain itu juga ditemukan beberapa luka tusukan senjata tajam di kedua tulang rusuk dan sebelah tangannya.

Ahli memperkirakan waktu meninggalnya orang tersebut adalah antara tahun 1030 sampai 1200, atau sekitar 800 s-d 900 tahun dari sekarang. Yang bersangkutan juga memiliki tinggi badan 1.78 m termasuk tinggi jika dibandingkan dengan rata rata tinggi badan pria pada abad pertengahan.

Usai penyelidikan, tulang belulang itu dikirim ke museum Irlandia, setelah itu dilakukan upacara pemakaman ala Kristen. Meskipun kematiannya belum bisa terungkap. Ada orang menduga bahwa itu pria itu bisa jadi adalah korban ilmu sihir kuno? (sinatra/rp)