Teh Bunga Krisan Berkhasiat untuk Kesehatan Mata

106
teh bunga krisan

Teh bunga krisan berkhasiat untuk kesehatan mata, terutama untuk pengguna komputer dalam jangka waktu lama. Namun ada beberapa pertimbangan yang perlu diingat ketika membuat teh bunga krisan.

Cara terbaik untuk minum teh bunga krisan

Selalu mulai dengan mendidihkan air. Tambahkan 5-7 bunga krisan ke dalamnya, dan jangan ditambah apa-apa lagi, termasuk gula atau krim. Cangkir yang telah kosong dapat diisi ulang 5-7 kali dengan air mendidih tanpa mengurangi manfaat bunga krisan. Namun, jangan minum teh bunga krisan selama lebih dari lima hari berturut-turut.

Secangkir teh bunga krisan dapat ditambah air mendidih sampai 5-7 kali tanpa mengurangi manfaat bunga krisan. (Gambar: Marc-Anthony Macon / flickr / CC BY-SA 2.0 )

Tambahkan buah atau bunga lain

enambahkan  buah atau bunga lainnya ke dalam teh bunga krisan dapat efektif untuk mengobati penyakit tertentu. Menambahkan lycium berry (goji) untuk menambah ketajaman  penglihatan. Menambahkan hawthorn berry (shan zha) untuk menurunkan berat badan dan menurunkan tekanan darah. Menambahkan bunga honeysuckle (jinyinhua) untuk mencegah pilek dan sakit tenggorokan.

Menambahkan buah atau bunga lainnya ke dalam teh bunga krisan adalah efektif untuk mengobati penyakit tertentu. (Gambar: Pixabay / cc0 1.0 )

Jenis

Ada dua jenis bunga krisan yang biasa digunakan untuk membuat teh yaitu Chrysanthemum morifolium (juhua) untuk mengobati iritasi mata dan penyakit hati, dan bunga krisan yang tumbuh liar Chrysanthemum indicum (yejuhua) untuk meredakan bisul dan sariawan.

Chrysanthemum indicum (yejuhua) disebut sebagai bunga krisan ‘liar.'(Gambar: Wikimedia Commons / CC BY-SA 3.0 )

Jenis terbaik untuk menggunakan

Jangan pilih bunga krisan warna putih besar yang mekar. Pilihlah kuncup bunga krisan warna kuning muda dengan aroma yang lembut. (Gambar: Pixabay / cc0 1.0 )

Jangan pilih bunga krisan warna putih besar yang mekar. Pilihlah kuncup bunga krisan warna kuning muda dengan aroma yang lembut.(Visintimes/Vivi/Yant)