Bangkai Paus Sirip Raksasa Terdampar di Pesisir Pantai Inggris, Kondisinya Sangat Mengenaskan

268
bangkai paus sirip

Bangkai seekor ikan paus raksasa ditemukan terdampar di sebuah pantai di Devon, Inggris, dengan kondisi yang sangat mengenaskan.

Penduduk mulai melihat bangkai hewan tersebut pada jam 4 sore pada  hari Rabu (15/3)  lalu di Hartland Quay di pesisir North Devon Heritage Coast.

Seorang juru bicara dari lembaga Whale and Dolphin Conservation UK memberitahu koran Metro.co.uk bahwa spesies ikan tersebut diidentifikasi sebagai ikan paus sirip – hewan terbesar kedua di dunia setelah paus biru.

Foto menunjukkan ukuran ikan paus tersebut yang sangat besar tatkala bangkai itu tergeletak di bebatuan  pesisir dan didorong  oleh  ombak pantai yang tinggi ke darat.

Bangkai paus sirip ini sedang membusuk. (Foto: SWNS)

Ikan ini dipercaya telah mati beberapa saat sebelum terbawa  arus ke darat. (Foto: SWNS)

Warga menemukan bangkai paus sirip ini sekitar jam 4 sore pada hari Rabu (15/3) yang lalu. (Foto: SWNS)

Melihatkan bangkainya yang sudah membusuk, paus sirip ini dipercaya telah lama mati sebelum didorong  arus ke pesisir pantai.

“Kematiannya mungkin disebabkan oleh faktor usianya atau penyakit, tetapi ikan paus juga berhadapan dengan ancaman manusia seperti tabrakan dengan kapal, tersangkut pada jaring nelayan, polusi, dan sebagainya,” jelas juru bicara tersebut.

“Sangat menyedihkan ketika melihat makhluk yang mengagumkan ini dalam kondisi begini,” tambahnya lagi.

Keberadaan hewan ini terancam kegiatan manusia.

Paus sirip diklasifikasikan sebagai hewan yang terancam punah. Panjang ikan raksasa ini bisa mencapai 27m, sedangkan beratnya bisa hingga 120 ton.

Meskipun berukuran besar, paus sirip dapat berenang pada kecepatan 37km / jam.(Erabaru.my/Yant)