Sebuah sampan berukuran tidak terlalu besar dengan 2 buah papan pijakan keempat ban kendaraan sudah bisa dipakai untuk menyeberangkan sebuah kendaraan.

Meskipun pengendaranya akan mengalami jantung berdebar keras sewaktu menaikkan atau menurunkan kendaraan dari sampan, karena bisa fatal bila kurang berhati-hati. .

Orang biasanya akan menggunakan feri yang mampu sekaligus mengangkat belasan kendaraan untuk menyeberangi sungai atau selat. Menaik atau turunkan kendaraan dari feri selain lebih mudah juga lebih aman.

Tetapi tidak demikian dengan sampan yang hanya mampu membawa 1 kendaraan untuk 1 kali menyeberang, selain lama juga lebih beresiko. Sampan penyeberang kendaraan ini masih banyak digunakan di Pakistan, termasuk India.

Ada beberapa sampan penyeberang kendaraan yang beroperasi di sungai, dan kendaraan yang diseberangkan itu umumnya adalah kendaraan jenis SUV.

Di saat angin bertiup kencang, arus menjadi deras, tak jarang air sungai akan masuk ke dalam sampan sehingga membahayakan keselamatan. Namun, apa boleh buat karena hanya ini satu-satunya cara untuk menyeberangkan kendaraan. Terpaksa tutup sebelah mata.

Orang yang berada di seberang sungai bisa saling melihat. Sayup-sayup mungkin saja bisa  terdengar suara tukang sampan sedang mengarahkan pengemudi dengan “kiri sedikit” … “awas ! awas …”

Sebuah cara penyeberangan kondaraan yang paling kuno, membuat orang yang berada diseberang sungai ikut dag dig dug melihatnya. Paling-paling mereka hanya bisa berkata dalam hati, “Tukang sampan, hati-hati kamu mendayung”.

Menaikkan kendaraan dan menurunkannya dari sampan adalah 2 hal yang paling sulit. Terlalu sulit untuk melakukannya dengan menggantungan arahan dari satu orang saja tanpa bantuan yang lain dari sisi kiri dan kanan.

Meleset sedikit ban menginjak pijakan kayu yang disediakan, konsekuensinya yaitu kendaraan terguling.

Perahu yang berukuran besar atau kapal feri tidak bisa beroperasi di sini karena masalah kedalaman sungai yang tidak merata serta dermaga yang belum dibangun.

Selain itu, tepian sungai itu hanya dipenuhi dengan kerikil tajam dan bebatuan besar kecil sehingga akan mempersulit kendaraan kecil selain jenis SUV untuk mencapai tepian sungai. (Sinatra/rp)

Share

Video Popular