Oleh Su Mingming

Dokter ahli optometri British Columbia, Kanada telah menemukan Bionic Lens yang mampu dalam waktu 8 menit mempertajam penglihatan pasien sampai 3 kali lipat lebih jelas dari kondisi normal.

Dengan demikian, pasien selanjutnya dapat terbebaskan dari menggunakan kacamata atau lensa kontak. Kabarnya, produk berteknologi tinggi tersebut akan mulai dipasarkan pada 2017 ini.

Media techtimes.co menyebutkan, ahli optometri yang juga merupakan pendiri dan CEO Ocumetics, Canada, Dr. Garth Webb telah menggunakan 8 tahun untuk riset dan menghabiskan dana sekitar USD. 3 juta akhirnya berhasil menciptakan produk lensa yang sangat membantu memulihkan ketajaman penglihatan para pasien berkacamata dan lensa kontak.

Webb mengatakan bahwa sesuai standar ketajaman penglihatan ukuran tabel Snellen, ketajaman penglihatan pasien pengguna bionic lens akan naik berbanding 1.0 (20/20), 3 kali lebih baik daripada normal.

Dengan kata lain, yang tadinya ketajaman penglihatan seorang pasien mata hanya mampu mencapai jarak 10 kaki (+/- 3 meter), maka setelah ia menggunakan  bionic lens, ketajaman penglihatannya akan mencapai 30 kaki (+/- 9 meter).

Menurut situs perusahaan Ocumetics bahwa, usai implantasi lensa ke dalam bola mata lalu dibersihkan dengan larutan garam fisiologi sekitar 10 detik kemudian, kristal akan larut dan menyebar memenuhi seluruh bola mata untuk menyempurnakan ketajaman penglihatan.

Operasi implantasi hanya membutuhkan waktu 8 menit, tidak menimbulkan rasa sakit sehingga pasien bebas anestesi dan rawat inap. Tidak sulit untuk dilakukan di klinik-klinik.

Webb menambahkan, selain menambah ketajaman penglihatan, lensa yang telah diimplantasikan itu tidak akan menimbulkan rasa leg sewaktu melihat benda yang bergerak. Kristal bionic terbuat dari bahan probiotik, tidak akan menyebabkan perubahan biologis pada mata. Pasien juga akan bebas katarak karena lensa mata manusia bisa menua tetapi tidak demikian dengan lensa buatan.

Bionic lens mampu bertahan sampai 100 tahun, oleh karena itu, penglihatan pasien yang sudah menggunakan lensa tersebut dipastikan tidak akan mengalami pemburukan penglihatan.

Kabarnya, Bionic lens ini sudah akan mulai dipasarkan pada 2017. Biaya untuk mengimplantasi lensa di negeri Paman Sam dan Kanada secara total diperkirakan USD 1.000. Pasien juga dibatasi dengan usia, yakni orang dewasa yang berusia 25 tahun ke atas, ini ditentukan mengingat struktur mata seseorang baru komplit terbentuk setelah mencapai usia tersebu. Hal ini agar lensa yang diimplantasikan itu berfungsi secara maksimal sepanjang hidup penggunanya. (Sinatra/rmat)

Share

Video Popular