Kegiatan mendaur ulang memungkinkan anak berusia 7 tahun ini memiliki tabungan uang mencapai 11.000 dolar Amerika Serikat.  Seorang anak berusia 7 tahun ini menunjukkan bahwa tidak ada istilah ‘terlalu dini’ untuk mulai berlatih kegiatan daur ulang.

Ketika dia berumur tiga tahun, Ryan Hickman mengunjungi sebuah pusat daur ulang di daerah Orange County, Amerika Serikat, dengan ayahnya.

Pengalaman tersebut telah menggerakkan hatinya untuk mulai mengumpulkan bahan daur ulang di sekitar tetangga pada keesokan hari.

Melansir dari tulisan Shachar Paled untuk CNN, Saat pembentukan perusahaan Ryan s Recycling Company di mana Ryan telah mendaur ulang lebih 200.000 biji botol dan kaleng, dalam waktu yang sama dia mulai menyimpan ribuan dollar dalam akun simpanannya.

Ryan kemudian meminta izin orang tuanya jika dia diperbolehkan mendistribusikan kantong plastik kosong kepada tetangga-tetangganya untuk diisikan dengan kaleng dan botol untuk di daur ulang.

Tetangga-tetangganya sangat senang untuk memberikan kerjasama – begitu juga teman-temannya, rekan kerja orang tuanya, dan anggota keluarganya yang lain.

Lebih kurang empat tahun setelah itu, Ryan dikatakan telah mendaur ulang lebih dari 22.000 kg sampah untuk penduduk di wilayah Orange County.

Situsnya melaporkan bahwa setiap minggu Ryan akan menyusun dan membersihkan botol plastik atau kaca serta kaleng aluminium sebelum dibawa ke pusat daur ulang dengan bantuan anggota keluarganya.

Ryan telah menabung lebih $ 10,000  untuk studinya di perguruan tinggi (meskipun situsnya melaporkan uang tersebut sebenarnya disimpan untuk membeli truk pengangkut sampah). Dia juga telah mengumpulkan sebanyak $ 1 624  untuk disumbangkan ke organisasi amal.

Anak berusia 7 tahun ini mengatakan kepada koran The Capistrano Dispatch bahwa orang harus mulai mendaur ulang sebagai cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan karena kegiatan ini membantu lingkungan.

“Burung mungkin akan termakan limbah yang berbahaya yang dapat menyebabkan hewan tersebut sakit dan mati,” katanya.

Menurut ibunya, “Dia sangat bersemangat tentang proyek ini dan dia juga menginginkan orang turut bersemangat tentangnya. Saya pikir minat dan semangatnya sudah menular kepada kami semua. Ketika saya menemukan kaleng di lantai, saya akan mulai memungutnya sekarang, dari membiarkannya.” (CNN/Erabaru.com.my/asr)

Share

Video Popular