JAKARTA – Mobil jenis Mercedes-Benz  S-600 Pullman Guard untuk Kepresidenan RI-1 yang ditumpangi Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo mogok di jalanan setelah Presiden Jokowi meresmikan PLTG Mempawah, Kalimantan Barat, Sabtu (18/3/2017).

Mogoknya mobil kepresidenan anti peluru ini dibenarkan oleh Kepala Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin ketika dikonfirmasi wartawan.  Mogoknya mobil ini, kata Bey, dikarenakan bermasalah pada settingan gas, sehingga kendaraan tidak bisa memacu dalam keadaan normal.

Sementara, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dikutip dari situs setkab mengatakan mogoknya mobil kepresidenan ini saat di Kalimantan Barat bukan yang pertama kalinya. Sebelumnya, kata Pramono, sudah pernah tiga kali mogok saat dia mendampingi Jokowi saat kunjungan kerja.

Pramono menuturkan, mobil kepresidenan memang kondisinya sudah berusia 10 tahun lebih, tetapi Presiden masih merasa dan menganggap bahwa mobil itu masih bisa digunakan. Mobil kepresidenan ini pengadaannya dilakukan tahun 2007 lalu.

Walaupun kondisi mobil selalu diperbaiki, kata Pramono, tentu masih terjadi keterbatasan. Saran yang disampaikan kepada Presiden Jokowi untuk mengganti mobil baru, dijawab oleh Presiden Jokowi agar tetap menggunakan mobil-mobil sebelumnya.

Meski mobil kerap mogok di jalanan, Pramono menuturkan pengawalan untuk keamanan Presiden tetap melekat. Pengawalan tersebut berupa pengawalan kenderaan bermotor dan pengawalan Paspamres, apalagi soal mogok merupakan kejadian tak bisa direncanakan.(asr)

Share

Video Popular