JAKARTA –  Foto anggota pramuka yang makan nasi dengan beralaskan tanah mendadak heboh di media sosial. Tentunya foto-foto ini mengundang kegeraman dan kekesalan dari sejumlah pengguna media sosial.

Tak ketinggalan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault turut menyesalkan atas peristiwa yang terjadi. Adhyaksa dalam akun instagramnya mengaku bahwa sejak Pagi Sabtu (25/03/2017) pagi di grup Whatsapp, dirinya menerima foto beberapa Pramuka makan bersama di suatu tempat, namun nasinya ditaruh di rumput tanpa alas.

“Saya cek, foto tersebut sudah menyebar di media sosial, dan mendapatkan kritik keras bahkan kecaman dari anggota Gerakan Pramuka,” katanya.

Menurut Adhyaksa, tindakan demikian bukan bagian dari pendidikan dan pembinaan di Gerakan Pramuka dan menyayangkan kejadian tersebut. Adhyaksa  memastikan bahwa pembina kegiatan tersebut belum mengikuti atau memenuhi kualifikasi pelatih dan pembina Pramuka.

Sebagai informasi, kata Adhyyaksa, setiap harinya, ada ribuan kegiatan Gerakan Pramuka dilaksanakan di sekolah-sekolah dan alam terbuka di seluruh Indonesia, dan semua kegiatan Pramuka itu mendidik, menggembirakan, menginspirasi serta menyenangkan dan menguatkan persaudaraan anak-anak .

Lebih jauh, Adhyaksa mengaku sudah berkoordinasi dengan Kak  Suyatno selaku Kepala Pusdiklatnas Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak  Budi Prayitno selaku Wakil Ketua Kwarnas Bidang Pembinaan Anggota Muda dan  Kak Susi Yuliati selaku Wakil Ketua Kwarnas Bidang Pembinaan Anggota Dewasa.

Dalam keterangannya, Adhyaksa meminta agar Panitia kegiatan tersebut ditegur dan diberikan pembinaan dan harus dijadikan pelajaran berharga. Adhyaksa dalam keterangannya meminta kejadian tersebut tidak boleh terulang kembali.

“Kita akan selesaikan ini dengan sebaik-baiknya. Paling lambat Senin, 27 Maret 2017, masalah ini sudah jelas duduk perkaranya dan selesai,” jelasnya.

Pada kempatan itu,Adhyaksa meminta kepada anggota pramuka dimanapun berada memposting, semua foto dan video pramuka di medsos. Langkah demikian dilakukan agar dunia tahu bahwa kegiatan Pramuka mendidik, menggembirakan, menginspirasi serta menyenangkan, menguatkan persaudaraan anak-anak kita.

“Jangan sampai karena satu foto makan tanpa alas Gerakan Pramuka tercoreng,” jelasnya. (asr)

Share

Video Popular