Tubuh kita adalah tuan rumah dari miliaran mikroba yang hidup tidak hanya di kulit, tetapi juga mulut, usus, hidung, dan di tempat-tempat lainnya. Mikroba ini membentuk koloni yang disebut mikrobiota, yang baru mulai dipahami oleh para ilmuwan. Apa yang mereka ketahui adalah, kehidupan manusia membutuhkan kuman ini untuk kelangsungan hidupnya.

Saya dibesarkan di lingkungan di mana saya bisa menjelajahi habitat liar, tapi kini semakin banyak anak-anak yang dibesarkan di masyarakat perkotaan atau pinggiran kota tanpa pernah terpapar berbagai macam mikroba atau kotoran yang dapat membantu kita mengembangkan sistem kekebalan secara optimal.

Terpapar pada mikroba yang berbeda, akan mengajarkan sistem kekebalan tubuh kita agar dapat membedakan antara yang baik, yang buruk, dan tidak membahayakan. Para ilmuwan telah menemukan bahwa hilangnya paparan beragam mikroba ini akan menghasilkan peningkatan penyakit alergi, asma, masalah pencernaan, alergi makanan, dan penyakit yang terkait kekebalan lainnya.

Dalam pengobatan Tiongkok, apa yang tidak membuat Anda sakit akan membuat Anda lebih kuat. Dan apa yang membuat Anda sakit, berdasarkan pada pengobatan ini, hal tersebut mencakup seluruh faktor gaya hidup, seperti stres, lembur, dan makan dengan tidak benar. Sedangkan mikroba, pertanda penyakit dalam pengobatan Tiongkok mencakup parasit, patogen, dan makanan yang tidak higinis. Patogen mencakup dunia mikroba, virus, bakteri, dan alergen.

Berdasarkan pengobatan Tiongkok, Anda dapat menahan banyak patogen ketika energi pelindung Anda (yang disebut wei qi) kuat. Hampir mirip kekebalan tubuh, ketika Anda kuat dan sehat, maka energi pelindung Anda kuat. Ketika kondisi Anda menurun atau stres, energi akan menghantam, pelindung Anda menjadi lemah, dan Anda merasa dingin, flu, alergi, atau penyakit lainnya.

Jadi, cara menjaga kesehatan dan kekebalan adalah menjaga energi Anda. Ini berarti mengon-sumsi makanan yang tepat dalam jumlah yang tepat, cukup tidur, menyeimbangkan pekerjaan dengan istirahat, mengatasi stres, dan berolahraga cukup.

Selain itu, karena banyak pengobatan Tiongkok yang berdasarkan pada pola di alam, menghubungkan dengan alam adalah cara yang baik untuk tidak hanya meningkatkan kesehatan jiwa Anda, tetapi juga untuk mendapatkan lebih banyak paparan ke dunia mikroba.

Berikut beberapa cara sederhana untuk melakukannya:

Pergi ke luar ruangan dan bermain. Idealnya di taman atau alam liar. Berlari, bersembunyi, menyentuh tanah, dan membiarkan diri sedikit kotor adalah cara yang baik.

Memetik buah, terutama di alam liar. Saat masih kecil, kami memiliki semak-semak blueberry yang tumbuh di sepanjang jalan yang kami lalui. Mengisi ember dengan blueberry, akan terkontak dengan banyak hal liar.

Berkebun. Bunga atau sayuran akan membuat Anda dan anak-anak terpapar dengan tanah. Keuntungan dari menanam sayuran adalah Anda menumbuhkan makanan yang akan memengaruhi mikroba usus dengan cara yang baik.

Menjelajahi alam. Pilihan yang tidak terbatas: mengamati bunga liar di musim semi, mengenal ikan-ikan kecil di sungai terdekat, menjelajahi kolam ekologi, atau berkemah di hutan.

Hindari hal-hal yang dapat membunuh mikroba baik di permukaan kulit atau di dalam tubuh Anda. Pertimbangkan penggunaan antibiotik hanya sebagai pilihan terakhir, hindari sabun tangan dan pembersih antibakteri, dan ingat tidaklah masalah mendapatkan diri sedikit kotor.

Mungkin Anda bertanya apakah dengan menghabiskan masa kecil saya sebagai gadis yang kotor telah membuat saya lebih sehat? Saya tidak tahu. Yang saya tahu adalah bahwa saya tidak pernah alergi. Tidak pernah, setidaknya sampai saya pindah dari hutan maple dan ek di New England ke wilayah cerah Colorado. (Epochtimes/Lynn Jaffe/Ajg)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular