Orang Jepang terkenal karena umur panjang mereka. Dalam buku terbaru Dr. Takuji Shirasawa berjudul “101 Ways to Live 100 Years Old without Dementia” menunjukkan makan makanan yang baik dan kebiasaan yang baik dalam hidup ini akan memelihara otak tetap muda dan aktif.

Beberapa poin utamanya dalah sebagai  berikut:

Minum segelas air hangat segera setelah bangun tidur

Saat tidur, kita kehilangan 500 cc (1/2 liter) yang harus kita gantikan. Air hangat dapat meningkatkan suhu tubuh dan meningkatkan metabolisme sekitar 10%.

Minum jus sayuran atau buah minimal 3 kali seminggu

Minum jus sayuran atau buah minimal 3 kali seminggu akan menurunkan risiko demensia sekitar 76%.

Berjemur sinar Matahari selama 15 menit setiap hari

Sinar Matahari membantu tubuh memproduksi vitamin D, yang terbukti efektif membasmi kanker.

Makan cokelat hitam

Cokelat hitam  sangat kaya kandungan  polifenol yang berkhasiat memperlambat proses penuaan dan mengendalikan kadar gula darah.

Masak di rumah

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang gemar memasak tidak mudah menderita demensia, karena memasak memberi rangsangan secara keseluruhan kepada otak.

Hindari minuman yang mengandung gas dan makanan yang mengalami olahan

Minuman yang mengandung gas dan makanan yang mengalami olahan, seperti makanan siap saji, sangat kaya kandungan fosfornya, yang menghambat penyerapan kalsium dan merusak tulang.

Berkeringat

Berolahraga sampai mengeluarkan keringat akan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Kurangi berat badan sekitar 5%

Orang yang berusia 100 tahun tanpa menderita penyakit berbagi satu rahasia, yaitu tidak gemuk. Penurunan risiko diabetes dan hipertensi terjadi jika berat badan diturunkan sekitar 5%.

Berjalan selama 30 menit setiap hari

Kematian banyak dialami oleh orang yang berolahraga berat. Berjalan selama 30 menit setiap hari akan meningkatkan peredaran darah dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Meditasi

Meditasi akan menyembuhkan dan mencegah banyak penyakit. Duduk meditasi selama 10 menit di pagi hari akan membuat hari menjadi indah. Semakin lama meditasi, maka semakin baik.

Makan bawang merah

Bawang merah mengandung sulfat yang berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah, terutama bawang merah mentah. Sangat dianjurkan makan salad sayuran dengan irisan bawang merah.

Jangan makan setelah jam 9 malam

Lemak akan menumpuk dengan sangat mudah pada jam 2 dini hari. Jika tidak ada yang dimakan setelah jam 9 malam, maka tidak ada lemak yang ditimbun.(Visiontimes/Vivi/Yant)

Share

Video Popular