BANDA ACEH – Sosok manusia kerdil tertangkap kamera sedang berlari di hutan pedalaman Aceh. Kejadian ini terekam dengan baik oleh sekelompok rombongan sepeda motor trail yang menyelusuri pedalaman hutan Aceh pekan lalu.

Tak kelihatan secara jelas, pastinya sosok manusia kerdil terekam saat sedang membaca kayu. Sosok makhluk terus berlari, entah apakah dia bermaksud untuk menghindari dari kejaran rombongan pemotor trail. Video ini diunggah oleh akun Youtube Fredography pada Rabu 22 Maret 2017.

Makhluk ini terlihat berlari dengan kecepatan tinggi, hingga tak mampu dikejar oleh para pemotor yang terkaget-kaget melihat kejadian ini. Hingga akhirnya sosok manusia kerdil ini hilang dari penglihatan saat berlari dari semak-semak hutan.

Berbagai spekulasi bermunculan tentang siapakah sosok manusia kerdil yang masih misterius tersebut. Sejumlah orang berspekulasi bahwa makhluk ini adalah makhluk halus, manusia pendek dan berpendapat adalah sosok dari suku mante.

Peneliti Belanda, Snouck Hurgronje dalam bukunya “De Atjehers” menyebut tentang keberadaan suku Mante di Aceh. Disebutkan bahwa suku ini masuk dalam etnis Melayu Proto dengan ukuran tubuhnya sama seperti manusia Melayu.

Beberapa tahun lalu saat diwawancarai Waspada, Pawang Hutan di Tangse, Pidie, Aceh, Tgk M.Yusuf Thalib mengatakan dirinya pernah menelusuri rimba hutan di Tangse selama berbulan-bulan. Saat penelusuran itu dirinya bertemu dengan sekelompok manusia pendek yang terlihat berkelompok.

Tak hanya itu, sekelompok  mahasiswa pecinta alam yang melakukan ekspedi ke gunung-gunung di Aceh juga pernah bertemu dengan manusia berpostur kecil ini. Manusia pendek ini disebutkan tinggal di celah-celah gunung. (asr)

https://www.youtube.com/watch?v=ENZGHtGTRVY

Share

Video Popular