Tahukah Anda bahwa pare dapat memberikan keajaiba? Mereka memiliki beberapa kegunaan medis yang benar-benar layak  untuk ketahui. Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa pare sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Dapat dibuat sebagai seduhan teh. (Image: tooopen.com)

Meningkatkan nafsu makan dan pencernaan

Penelitian menunjukkan bahwa pare dapat meningkatkan nafsu makan dan pencernaan, serta menyembuhkan gangguan pada lambung dan sembelit.

Guardian menulis: “ Khasiat Pare untuk Masalah Lambung-cairan yang diekstrak dari pare segar, jamu, teh yang diminum sangat bermanfaat untuk merangsang seluruh sistem pencernaan.

“Pare meningkatkan nafsu makan. Mengobati nyeri perut, pencernaan yang lambat, buang gas, kembung. Memberi efek sebagai pencahar ringan pada usus besar, sehingga sangat banyak membantu kasus sembelit”.

Meningkatkan nafsu makan dan pencernaan. (Image: lohas.onlylady.com)

Kulit berkilau

Menyembuhkan luka dan merangsang pembaruan kulit, sehingga sangat berguna untuk terapi jerawat dan jaringan parut.

Menurut Livestrong, ahli herbal menganjurkan pare untuk mengobati jerawat karena pare bersifat sebagai anti-mikroba dan anti-peradangan. Untuk mengobati jerawat, minum 60 ml jus pare segar setiap hari. Minum melebihi dosis yang dianjurkan, akan menyebabkan nyeri perut dan diare.

Pare membuat kulit lebih segar dan tampak lebih muda. (Image: gaomeig.com)

Membasmi kanker

Pare dapat digunakan untuk mengobati kanker. Humans Are Free mencatat: “Dr. Shallenberger telah membuktikan bahwa pare sangat efektif untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan menganjurkan pasiennya untuk makan pare guna menghambat pertumbuhan sel kanker”.

“Pada penelitiannya yang terbaru, Dr. Shallenberger membuktikan bahwa jus pare yang dilarutkan dengan 5% air sangat efektif membasmi kanker pankreas”.

“Pare mampu merusak sekitar 90%-98% jalur sel kanker. Universitas Colorado menguji efek pare lebih lanjut dan menemukan bahwa terjadi penurunan ukuran tumor pankreas sekitar 64%”.

Menurunkan berat badan

Pare juga membantu menurunkan berat badan. Livestrong menulis:” Pare berfungsi menurunkan berat badan dengan cara menurunkan dan mempertahankan kadar gula darah di dalam tubuh. Menurut Hello Life, pare mencegah tubuh menyerap kelebihan gula. Pare juga meningkatkan jumlah sel beta di dalam pankreas, yang terlibat di dalam mengeluarkan insulin. Kadar insulin yang membaik akan menurunkan kadar gula darah, sehingga lebih mudah menurunkan berat badan.”

Rasa pare adalah sangat pahit. (Image: Tooopen.com)

Sebaiknya Anda selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi obat atau herbal.

WebMD mengatakan: “Pare adalah aman untuk dimakan sebagian besar orang. Belum diketahui keamanannya bila dimakan lebih dari 3 bulan”.

Perhatian:

Kehamilan dan menyusui: Selama kehamilan dilarang untuk mengonsumsinya, karena zat kimia tertentu yang terkandung di dalamnya dapat menyebabkan mulainya perdarahan menstruasi dan keguguran pada binatang. Tidak diketahui keamanan makan pare selama menyusui, sehingga lebih baik tidak memakannya.

Diabetes: Dapat menurunkan kadar gula darah. Penderita diabetes yang minum obat untuk menurunkan kadar gula darah dan makan pare, maka akan menyebabkan kadar gula darah turun terlalu rendah. Pantau gula darah Anda secara teliti.

Kekurangan glukosa-6-fosfat dehidrogenase (G6PD): Penderita kekurangan G6PD akan mengalami “favisme” setelah makan bijinya. Favisme adalah kacang fava sebagai penyebab “kekurangan darah” (anemia), nyeri kepala, demam, nyeri lambung, dan koma pada orang tertentu. Zat kimia yang ditemukan di dalam biji pare berhubungan dengan zat kimia yang terkandung di dalam kacang fava. Maka jika anda menderita kekurangan G6PD, maka untuk tidak mengonsumsinya.

Pembedahan: Mengganggu kendali kadar gula darah selama dan setelah pembedahan. Jangan makan pare minimal 2 minggu sebelum pembedahan.(Visiontimes/Vivi/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular