Saat kehamilan banyak gejala yang muncul. Gejala-gejala itu wajar terjadi namun sebaiknya diketahui. Berikut ini ada 10 gejala kehamilan yang perlu diketahui.

  1. Kehamilan akan membuat payudara membesar dan lebih lembut.

Di saat itu hormon wanita akan menyebabkan payudara membesar dan terasa lebih lembut, bahkan lebih sensitive. Warna puting lebih gelap.

  1. Gejala nyeri seperti saat haid akan terjadi.

Zigot berada dalam rahim dapat menimbulkan pendarahan disertai rasa nyeri seperti saat haid. Tetapi hanya bertahan dalam beberapa hari sehingga sering disalahtafsirkan sebagai datang bulan.

  1. Sering pergi ke toilet

Kantung urine cepat penuh sehingga sering pergi ke toilet. Hal itu disebabkan karena tubuh akan memproduksi lebih banyak darah, ginjal perlu bekerja lebih keras untuk menyaring darah dengan demikian produksi urine bertambah.

  1. Dapat cepat tertidur di sepanjang waktu

Akibat tubuh terus berada dalam kondisi kerja karena kehamilan (dalam upaya rahim beradaptasi dengan kondisi janin) sehingga cepat terasa lelah, tanpa sadar tiba-tiba sudah tertidur.

  1. Sering terjadi sembelit

Sekresi progesteron selama kehamilan akan memperlambat kelangsungan pencernaan, membuat buang air besar lebih sulit, pada saat ini perlu banyak mengkonsumsi buah-buahan, sayuran dan probiotik.

  1. Tengah malam sering terasa lapar

Atau tiba-tiba muncul keinginan untuk makan permen atau sesuatu yang asam (ngidam).

  1. Perubahan selera terhadap suatu makanan berubah sangat drastis (makanan yang digemari pekan lalu sudah tidak disukai lagi sekarang).

Dengan memasuki pekan kedua kehamilan, sindrom tersebut akan berubah lebih baik. Meskipun mungkin saja selama masa kehamilan seorang wanita membenci terhadap jenis makanan tertentu berlangsung cukup lama. Dokter memperkirakan bahwa kondisi itu disebabkan oleh ulah progesteron, meskipun ilmu medis belum dapat membuktikannya.

  1. Melihat sebuah iklan atau newsletter biasa saja bisa menangis

Perubahan horman karena kehamilan menyebabkan pengendalian terhadap emosi terganggu, oleh karena itu keluarga atau teman-teman perlu memahaminya.

  1. Berdiri di tanah yang datar saja bisa pusing

Pada periode awal kehamilan, tekanan darah rendah sering membuat kepala pusing. Ini adalah hal yang normal. Hal mana terjadi karena produksi progesteron dapat membuat pembuluh darah melebar, kecepatan aliran darah jadi melambat.

  1. Geris vertikal berwarna gelap akan muncul pada perut

Garis tanda kehamilan akan berubah warna jadi lebih gelap saat kehamilan terjadi, tetapi warnanya akan berubah kembali usai persalinan. Jadi tidak perlu dikhawatirkan. (Sinatra/rp)

Share

Video Popular