Ketika berbicara tentang peninggalan benda budaya di dalam makam, mungkin yang terlintas dalam benak kita adalah patung, barang-barang keramik yang dipenuhi dengan gumpalan debu, alat musik yang sudah usang dan sebagainya.

Seiring dengan bergulirnya waktu, benda-benda bersejarah inipun rusak dan hancur. Baru-baru ini, sebuah tim arkeolog Tiongkok menemukan sebilah pedang yang berusia lebih dari 2.000 tahun  di dalam sebuah makam semasa perang dulu!

Pedang itu masih tajam dan mengkilat saat ditarik dari sarungnya, dan para arkeolog nyaris tidak percaya dengan pandangan mata mereka!

Ada banyak makam berukuran besar di Provinsi Henan, tapi hampir semua makam itu hancur oleh para penjarah.

Tahun lalu, tim arkeolog menemukan sebuah makam besar semasa perang negeri Tiongkok yang belum bersatu di bawah bendera kekaisaran yang sama kala itu, dan karena lokasi makam tersembunyi, sehingga lolos dari penjarahan!

Tim arkeolog menemukan banyak barang antik di dalam makam tersebut, di antaranya senjata dari perunggu, peralatan kereta dan kuda dan peralatan atau senjata  kayu dan sebagainya.

Pedang ini digali dari dalam sebuah makam di Yangcheng nomor 18, Xinyang City, provinsi Henan, Tiongkok.

Sejauh ini tidak ada rencana dipamerkan ke publik, tapi para arkeolog berusahan merawatnya, supaya bisa tetap tajam berkilau saat dipamerkan nanti.

Setelah para arkeolog mengeluarkan makam besar itu, kemudian diangkut dan disimpan di museum untuk diteliti lebih lanjut. Mereka menemukan sebilah pedang yang diduga berusia lebih dari 2,000 tahun dari dalam peti mati.

Meski telah lebih dari 2,000 tahun usianya, dan berlumur lumpur saat dikeluarkan, tapi pedang itu masih dalam keadaan mengkilat dan tajam ketika ditarik dari sarungnya.

Namun, ketika pedang itu ditarik dari sarungnya, semua orang tampak tertegun . Meski telah ribuan tahun, tapi pedang itu masih terawat dengan baik, nyaris tidak berkarat, dan masih berkilau tajam!

Kondisi pedang saat ditarik dari sarungnya, saksikan videonya.

https://www.youtube.com/watch?v=_4hd_d0p9Tg&feature=youtu.be

Selain pedang, dari dalam peti mati tersebut juga ditemukan artefak lain, tetapi sebagian besar telah rusak, sehingga sulit diidentifikasi.

Kecerdasan orang zaman dahulu memang mengagumkan! Meski telah lebih dari 2.000 tahun, tapi bagaimana caranya pedang itu masih terawat dengan begitu utuh?

Padahal produktivitas zaman dulu masih belum maju, bagaimana para pandai besi zaman itu menempanya?

Mudah-mudahan para arkeolog bisa segera menemukan jawabannya, sudah tidak sabar untuk mengetahui cara kerja orang-orang zaman dahulu!

Warna pedang, dipastikan merupakan karya yang hebat di masa itu! (Jhony/rp)

Share

Video Popular