“Realitas kebiasaan merokok adalah penyakit, kematian, dan kengerian – bukan glamor dan kehebatan yang mencoba digambarkan penjual tembakau, “jelas David Byrne, musisi terkenal dari Amerika pada zaman 1970-an.

Di sini kami bagikan pengalaman buruk yang dilalui seorang mantan perokok dari Malaysia bernama Muhammad Aidelhan.

Beberapa minggu yang lalu, Aidelhan yang pada saat itu sedang duduk beristirahat tiba-tiba menemukan dirinya sulit untuk bernapas.

Tetiba sesak nafas nak diri x leh..nak tunduk pun x leh..so mintak tlg kwn anto pi klinik..doc ckp otot n urat tegang..so kasi 1 injection,” tulis Aidelhan di akun Facebooknya.

Keesokan harinya, dia masih menghadapi masalah yang sama dan mengunjungi sebuah klinik di Batu Pahat, Malaysia. Setelah memeriksa pasiennya itu, dokter menyarankan Aidelhan agar terus mendatangi rumah sakit untuk perawatan selanjutnya.


Sesampainya di Rumah Sakit Pantai, Aidelhan diinginkan menjalani operasi paru-paru. Paru-parunya harus dilubangi untuk mengeluarkan kelebihan udara di organnya itu. Tetapi perawatannya tidak hanya itu.

Setelah melakukan pemeriksaan setelah operasi, dokter menjelaskan kepada Aidelhan bahwa paru-parunya sudah bocor dan dia harus menjalani operasi kedua. Aidelhan dikirim pula ke sebuah rumah sakit di Melaka.


Setelah menjalani operasi selama 5 jam ke atas paru-parunya, dokter menyarankan Aidelhan supaya berhenti merokok karena kebiasaan itu lambat laun dapat menghancurkan paru-parunya sendiri.

Beberapa bagian pada paru-paru Aidelhan terpaksa dipotong karena ada bagian yang berlubang dan tidak berfungsi.

Keperihan yang dihadapi Aidelhan setelah beberapa bagian dari paru-parunya dipotong dibagikannya:

Kepada perokok2 diluar sana..cuba Anda bayangkan..sy x dapat tido lebih dari 2 jam untuk sekali lelap..sbb kalau terlebih..sy akan mengalami 1 kesakitan yg teramat sgt ketika tersadar dari tidur karena saat tidur paru2 kita hanya melakukan pergerakkan yg paling minimal ..

“… dan bila hendak menarik nafas spt biasa..akan terasa satu keperitan seperti luka xcident yg berdarah diperas dgn limau..ini bukan tipu..sy yg alami..jadi kpd perokok2..anda bayangkan setiap hari Anda akan merasa takot untuk tidur …

“Sy bagi tips sikit kalau2 ade yg terkene mcm sy akan dtg..anda kene tidur duduk supaya x terlalu nyenyak … itulah yg sy alami untuk masa nie..sekian..as salam..moga ia memberi sedikit dukungan untuk korang stop smoking. ., “tulis Aidelhan.

Semoga saudara Aidelhan akan cepat sembuh seperti sedia kala, dan kami berharap kisah yang dibagikan ini bisa dijadikan pelajaran buat kita semua. (Sumber: Muhammad Aidelhan/Erabaru.com.my/asr)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular