Gigi membantu Anda ketika berbicara dan mengunyah, dan mereka juga dapat membuat atau merusak penampilan Anda dan bahkan hubungan dengan orang lain. Itulah mengapa penting untuk menjaga kebersihan agar gigi sehat tetap putih bak mutiara.

Berikut 10 Langkah mudah untuk mendapatkan gigi sehat dan putih berkila.

Ubah diet

Jika Anda gemar merokok, minum alkohol, soda atau kopi hitam, maka tidak mengherankan bila gigi Anda berwarna kekuningan. Jika Anda menginginkan gigi putih sempurna, maka hindari hal-hal tersebut dan jenis makanan yang berwarna gelap. Makanan atau minuman berwarna gelap akan lebih cenderung mewarnai gigi.

Jika Anda tidak mampu menolak makanan atau minuman yang mewarnai gigi, maka segera sikat gigi setelah memakan atau meminumnya. (Image: via pixabay / CC0 1.0)

Jika Anda tidak mampu menolak makanan atau minuman yang mewarnai gigi, maka segera sikat gigi setelah memakan atau meminumnya. Anda dapat mencoba pemutih gigi yang dijual bebas, atau memutihkan gigi pada klinik dokter gigi. Apel dan pisang dapat membersihkan gigi. Pisang mengandung zat yang dapat menyingkirkan plak pada gigi dan membuat gigi tetap putih, bahkan pada perokok dan peminum alkohol.

Coba makanan “pembersih” gigi

Sertakan jenis makanan yang termasuk ‘pembersih’ gigi dalam diet Anda dapat membantu Anda mencapai gigi lebih putih. Mereka membantu membersihkan gigi ketika Anda memakannya mereka. Apel adalah salah satu jenis “pembersih” gigi, atau apa yang kita dapat mengidentifikasi sebagai sikat gigi alami. Selain itu Anda juga bisa memilih wortel mentah, stroberi, seledri, jeruk, yoghurt, baking soda, dan bahkan popcorn.

Makanan “pembersih gigi” yang alami adalah apel, wortel mentah, strawberry, seledri, jeruk, yogurt, baking soda, dan popcorn. (Gambar: via StockSnap.io / cc0 1.0 )

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda harus makan makanan “pembersih gigi” ini setelah Anda makan, terutama bila Anda tidak mempunyai kesempatan untuk menyikat gigi setelah makan.

Periksa selalu kondisi sikat gigi

Gantilah sikat gigi setiap 2-3 bulan. Jika tidak, Anda membiakkan bakteri berkembang di dalam mulut Anda.

Sikat gigi membentuk sudut 45 derajat terhadap gusi, dan sikat gigi dengan gerakan memutar yang lembut. (Image: via pixabay / CC0 1.0)

Sekarang ini, dokter gigi menyarankan agar sikat gigi membentuk sudut 45 derajat terhadap gusi, dan sikat gigi dengan gerakan memutar yang lembut, untuk menghindari supaya permukaan gusi tidak terkikis sampai tampak permukaan akar gigi, dibandingkan dengan cara dulu di mana gigi disikat dengan gerakan maju mundur.

Dokter gigi juga menyarankan cara memegang sikat gigi sama seperti cara memegang pensil untuk menghindari menyikat gigi terlalu kuat. Pastikan telah menyikat permukaan luar dan dalam gigi, permukaan gigi untuk mengunyah, lidah dan langit-langit.

Bersihkan lidah

Sikatlah lidah untuk menyingkirkan plak karena bakteri yang terdapat pada lidah akan menyebabkan bau mulut tak sedap. Dengan menyikat lidah setiap hari, maka akan menurunkan angka pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut tak sedap di dalam mulut.

Cuka apel

Encerkan cuka apel dengan air untuk digunakan sebagai obat kumur setiap pagi. Cuka apel akan menyingkirkan noda makanan yang dimakan pada malam sebelumnya dan akan membunuh bakteri yang mulai berkembang biak.

Cuka apel akan menyingkirkan noda makanan yang dimakan pada malam sebelumnya dan akan membunuh bakteri yang mulai berkembangbiak. (Foto: StockSnap.io / CC0 1.0)

Pemakaian jangka panjang, gigi akan tampak lebih putih dan napas akan lebih harum. Ingat untuk menyikat gigi setelah kumur-kumur dengan larutan tersebut.

Menyikat gigi dengan baking soda atau bubuk arang aktif

Menyikat gigi dengan baking soda atau bubuk arang aktif selama 5-7 hari berturut-turut akan membuat gigi menjadi lebih putih dan napas yang lebih harum, walaupun Anda minum kopi dan teh atau makan makanan yang mewarnai gigi.

Menyikat gigi dengan baking soda atau bubuk arang aktif selama 5-7 hari berturut-turut akan membuat gigi menjadi lebih putih dan napas yang lebih harum. (Foto: StockSnap.io / CC0 1.0)

Bersihkan gigi dengan benang gigi di mana saja, kapan saja

Membersihkan gigi dengan benang gigi tanpa perlu cermin, sehingga Anda dapat membersihkan gigi dalam perjalanan menuju tempat kerja, bahkan pada saat berada di belakang meja kerja, sebelum rapat penting, dan saat berada di tempat tidur.

Lebih baik untuk membersihkan gigi dengan benang gigi, terutama pada saat darurat, daripada harus menderita akibat bau mulut tak sedap. (Foto: Pexels / CC0 1.0)

Usahakan tetap segar

Mempunyai gigi yang sehat berarti memelihara kesegaran napas. Untuk mengetahui apakah napas Anda segar, jilat telapak tangan Anda dan dicium dengan hidung sebelum kering. Anda dapat makan 1-2 permen mint yang bebas gula.

Cara lain untuk menghindari mulut yang kering adalah minum yang cukup. (Foto: StockSnap.io / CC0 1.0)

Jika Anda lebih suka memakai obat kumur mulut, pakailah obat kumur mulut yang tidak mengandung alkohol karena alkohol mengeringkan mulut. Mulut yang kering lebih cenderung cocok untuk pertumbuhan bakteri. Cara lain untuk menghindari mulut yang kering adalah minum yang cukup. Pastikan Anda membawa botol minum supaya Anda segar setiap saat.

Menyikat gigi secara teratur

Beberapa orang sering lupa untuk menyikat gigi, maka dokter gigi menganjurkan agar menyikat gigi setelah bangun tidur di pagi hari dan sebelum tidur malam, alasannya supaya air liur kering pada malam hari dan tidak menimbun plak pada gigi. Jika Anda lupa menyikat gigi, maka plak akan menyebabkan gigi berlubang.

Sangat disayangkan, beberapa orang sering lupa untuk menyikat gigi secara teratur. . (Foto: pixabay / CC0 1.0)

Cara terbaik untuk menyingkirkan plak yang terbentuk selama seharian adalah dengan menyikat gigi sebelum tidur. Menyikat gigi pada saat bangun tidur di pagi hari untuk menyingkirkan plak dan kuman yang menumpuk semalaman.

Jangan menggeretakan gigi

Stres menyebabkan seseorang sering menggeretakan gigi, bahkan pada waktu tidur. Selain menyebabkan nyeri otot wajah, menggeretakan  gigi akan mengikis gigi. Biasanya dokter gigi akan menganjurkan rencana-rencana untuk mengatasi hal ini.(Visiontimes/ Pooria Shahin /Vivi)

Pooria Shahin adalah dokter gigi yang berbasis di Brooklyn, New York, Amerika Serikat .

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular