Oleh:  Tang Qing

“Donald Trump telah mengingatkan saya pada salah satu jenderal terbesar dalam sejarah Amerika Serikat yakni: George Smith Patton Jr. Jenderal Patton seringkali selip lidah (salah ucap), tapi ia merupakan salah satu jenderal terbaik yang dimiliki oleh AS.

Ia telah berjasa dalam memenangkan Perang Dunia II. Trump kebetulan mirip sekali dengan Patton. Trump adalah berlian yang belum digosok, ia bisa saja menjadi seorang pemimpin yang menonjol dari Amerika,” ujar seorang pendukung Trump.

Benarkah Trump mirip Patton?

Baru-baru ini, persamaan Trump dan Patton menimbulkan diskusi yang marak di Internet AS, bahkan ada yang mengatakan bahwa Trump merupakan reinkarnasi dari Jendral Patton. Pada 1945 Patton tewas dalam sebuah kecelakaan mobil, Trump lahir pada tahun berikutnya.

George Patton (George Smith Patton, Jr, 1885-1945) adalah seorang jenderal berbintang empat Angkatan Darat Amerika Serikat, menjadi terkenal berkat jasanya dalam Perang Dunia II.

Ia memimpin Grup Ketiga Tentara Angkatan Darat Amerika, dari mendarat di pulau Sisilia hingga menyerang balik pantai Normandy, sampai akhirnya menohok sarang Nazi Jerman.

Film Oscar “Jenderal Patton” yang dipentaskan pada 1970 membuat dirinya menjadi pahlawan yang terkenal di seluruh Amerika. Selain itu Patton juga seorang penyair.

Donald Trump adalah  miliarder Amerika, bintang TV, penulis, dengan kekayaan bersih sebesar $ 4,5 miliar(…..), pada Januari 2017 menjadi presiden AS dan merekrut sejumlah jenderal ke dalam kabinet.

Patton dan Trump memiliki kepribadian yang berwarna-warni, keduanya sama-sama berani mengatakan (ceplas ceplos) juga berani berbuat, vokal dan karena itu menimbulkan banyak kontroversi. Mereka maju dengan gagah berani, melakukan sesuatu dengan cepat dan efektif serta memiliki gaya kepemimpinan yang kuat.

Pada saat genting, mereka tampaknya selalu dapat membalikkan keadaan, sehingga ditakuti pihak lawan. Selain wajah, keduanya dalam hal spirit juga memiliki banyak kemiripan.

Lahir dalam keluarga kaya dan sangat gemar berolahraga

Pertama, mereka terlahir dalam keluarga kaya. Patton lahir dalam keluarga aristokrat militer kaya, dibesarkan di tanah ningrat seluas 800 hektar di negara bagian California. Setelah dewasa masuk sekolah militer, sepanjang hidupnya adalah untuk berperang. Trump lahir di wilayah Queens, New York, ayahnya seorang pebisnis sukses, telah mendirikan kerajaan real estate mereka sendiri. Mereka berdua, yang satu di medan militer, lainnya di medan bisnis, keluarga mereka telah memberikan kondisi yang menguntungkan.

Kedua, mereka sama-sama sangat menyukai olahraga. Patton pernah mewakili korps tentara untuk berkompetisi dalam Olimpiade Musim Panas 1912 “modern Pentathlon” yang diadakan di Stockholm.

Prestasi skornya secara keseluruhan menduduki peringkat kelima yang terdiri dari Anggar peringkat keempat, balap kuda rintang peringkat keenam, berenang peringkat ketujuh, menembak pada urutan kedua puluh satu, dan peringkat ketiga dalam berlari 4000 meter lintas alam.

Setelah selesai Olimpiade, Patton belajar lagi teknik anggar. Di kemudian hari ia memperbaharui norma-norma penggunaan pedang tentara dalam satuan kavaleri AS, dan merancang pedang tentara model baru, yang dikenal sebagai “Patton saber.” Dalam Sekolah Kavaleri Angkatan Darat Patton memperoleh sebutan “master anggar”.

Trump sejak kecil badung/suka bikin onar, sampai oleh ayahnya mengirim ke sekolah militer, barulah ia menemukan kembali jati dirinya. Beberapa tahun kehidupan di sekolah militer, telah mengembangkan karakter gigih Trump, membuatnya tumbuh menjadi pemuda yang menonjol.

Trump adalah penggemar baseball dan rugby. Pada 1962, ia bermain mewakili tim rugby sekolah, pada 1963, ia menjadi anggota tim sepak bola, selain itu pada 1962-1964 ia adalah anggota tim baseball sekolah dan pada 1964 juga menjabat sebagai kapten tim bisbol.

Megah dan mewah

Selain menyukai olahraga, Patton dan Trump suka pamer kemegahan yang membuat diri sendiri nampak gemerlapan dan unik.

Pegangan pistol berbahan gading yang elok adalah logo/simbol Patton. Ia selalu mengenakan helm yang sangat mengkilat dan memakai sepatu boot kavaleri, kalau bukan mengenakan pakaian kebesaran yang gemerlapan tentulah mengenakan celana penunggang kuda, tangannya memegang cambuk.

Ia percaya bahwa penampilan seperti ini dapat memberi motivasi pada anak buah. Baik bagian depan maupun belakang jeepnya terpasang tanda kepangkatannya yang super besar, dilengkapi pula dengan klakson bersuara keras, seolah mengumumkan kedatangannya sejak dari tempat jauh.

Pistol bergagang gading jenderal Patton yang banyak dikenal masyarakat. (Domain publik Wikipedia)

Ketika muncul di depan public, Trump selalu tampil penuh semangat dan percaya diri. Mode rambutnya paling unik dengan ditata secara seksama dan warna pirang/ kuning emas ditambah bentuknya yang ramping air mengalir terkesan tiga dimensional.

Trump tinggal di rumah mewah mentereng di Manhattan dengan nuansa warna emas, untuk kediaman pribadinya ini, ia sama sekali tidak menutup-nutupi dan mengizinkan media untuk mengambil gambar.

Belum lagi memasuki rumah, sudah disambut oleh pintu yang bertatahkan emas dan berlian pasti akan membuat mata terbelalak. Setelah di dalam rumah, langit-langit gantung bernuansa emas, lampu kristal mewah, lantai dan dinding marmer/granit, gaya dekorasi serba emas berkilauan benar-benar membuat silau.

Trump juga memiliki pesawat udara pribadi, helikopter, mobil mewah dan kapal pesiar mewah, semuanya dari kelas yang paling mewah, bahkan semuanya ber-gravur nama besarnya secara menyolok.

Perilaku seperti ini, dengan yang dilakukan Patton pada jeepnya dengan mencetak super besar tanda kebesarannya adalah bagaikan duplikat dari satu cetakan. (pur/whs/rmat)

BERSAMBUNG

Share

Video Popular