Sekarang banyak orang yang setiap hari berkutat dengan ponsel, boleh dikata seperti perangko yang lengket nyaris tak pernah pisah dengan gadgetnya. Sementara ponsel yang jatuh ke dalam air juga cukup banyak dialami, bagaimana dan apa yang sebaiknya dilakukan seandainya ponsel kesayangan anda itu jatuh ke dalam air?

Keringkan dengan hair dryer / pengering rambut? Mengguncang sekuatnya agar airnya keluar? Diseka dengan alkohol atau masukkan ke dalam beras? Sebenarnya ini semua bukan cara yang cerdas.

Jika dikeringkan dengan pengering rambut, bisa-bisa perangkat di dalamnya menjadi rusak, ditiup keringkan dengan alat pengering lain, tapi cara ini juga tidak akan menghasilkan efek dalam menghilangkan kelembaban perangkat di dalamnya.

Jika diguncang sekuat tenaga malah rentan membuat airnya semakin merembes ke dalam, atau dilap dengan alkohol, tetapi alkohol akan mengikis permukaan ponsel yang dilapisi dengan lapisan antiminyak

Sementara jika dipendam dalam beras akan menghabiskan waktu yang lama, dan tidak ada jaminan semua air di dalamnya itu bisa menguap sempurna.

Jadi bagaimana solusi paling baik ?

Sebenarnya cara yang paling praktis dan cepat adalah panas hangatkan sebentar ponsel anda itu ke dalam rice cooker.

Pertama lap bersih dulu ponselnya, kemudian bungkus dengan kertas koran, hal ini untuk mencegah uap suhu tinggi meresap ke dalam ponsel.

  1. Panaskan elemen pemanas dalam rice cooker.;
  2. Tunggu tombolnya berganti ke tombol elemen penghangat baru masukkan ponselnya.
  3. Cukup hangat-keringkan sebentar dengan tombol elemen penghangat.

Cara ini bisa sepenuhnya menyingkirkan cairan di dalam perangkat ponsel tanpa khawatir akan merusak perangkatnya. Selengkapnya silakan saksikan demonstrasinya dalam penggalan video berikut ini.

Tidak percaya? Selengkapnya silakan saksikan demonstrasinya dalam penggalan video berikut ini. (NTDTV/Jhony/rp)

Share
Tag: Kategori: Headline VIDEO

Video Popular