Oleh: Chen Juncun

Biasanya jalan umum, terutama jalan tol, selalu dibangun dengan menghindari bangunan agar tidak mengganggu pemandangan atau ketenangan masyarakat, tapi beda halnya dengan sebuah gedung di Osaka, Jepang.

Ada sebuah jalan tol yang langsung menembus di tengah gedung tersebut. Seolah-olah di tengah gedung itu dibuat sebuah lubang besar. Hal ini menciptakan pemandangan yang sangat langka.

Bangunan yang dikenal sebagai “Gate Tower Building” ini terletak di distrik Fukushima, Osaka, memiliki tinggi 71.9 meter dan memiliki 16 lantai. Dari lantai 5 sampai lantai 7 digunakan untuk jalan tol Hanshin.

Pengguna jalan yang berangkat dari arah Ikeda, lalu keluar tol pada pintu keluar Umeda akan menembus gedung ini. Dan atap gedung juga dilengkapi dengan helipad.

Akan tetapi, dari lantai 5 sampai lantai 7 tidak tersedia lift, apabila ingin menyaksikan pemandangan kendaraan lalu lalang yang menembus gedung ini bisa ke ruang rapat di lantai 8, atau ke gedung di dekatnya untuk melihat.

Hal yang patut diperhatikan adalah jalan tol Hanshin tidak bersentuhan dengan Gate Tower Building, dan jalan tol menembus gedung ini dengan sistem mengawang.

Ibarat sebuah jembatan menembus sebuah lubang, untuk menghindari kebisingan dan getaran dari kendaraan mempengaruhi seluruh bangunan tersebut.

Lalu mengapa jalan tol Hanshin dibuat dengan cara menembus gedung Gate Tower Building tersebut?

Ini murni karena masalah kepemilikan tanah. Pemilik lahan tersebut sudah beroperasi di sana sejak periode Meiji Jepang, lalu lantaran bangunan itu terlalu tua, maka pada 1983 dibangun kembali. Tetapi karena perencanaan tata kota telah menggariskan jalan tol Hanshin melalui lahan ini, sehingga tidak bisa mendapat ijin membangun.

Meskipun demikian, pemilik lahan juga tidak ingin mengalah, dan bersikukuh dengan tim pembangunan jalan tol Hanshin selama 5 tahun, hingga akhirnya tercapai kesepakatan jalan tol menembus bangunan tersebut.

Kemudian bangunan itu pun dibangun kembali dan rampung pada 1992. Kini, Gate Tower Building menjadi icon kota Osaka berkat pemandangan uniknya ini, dan menarik minat banyak wisatawan untuk merasakan sensasi menembus bangunan. (sud/whs/rp)

Share

Video Popular