Oleh: Mu Hua

Industri otomotif Jerman telah meraih banyak reputasi baik, prestasi baik seperti itu tak lepas dari kerja keras para pekerja.

Baru-baru ini perusahaan Porsche membagikan bonus besar, yang membuat kantong para karyawannya membengkak besar. Jumlah keseluruhannya jauh melampaui perusahaan ternama lain sekelas Mercedes-Benz dan lain-lain.

Kali ini, sebanyak 21.000 orang karyawan Porsche mendapatkan 9.111 Euro (130 juta rupiah) setiap orang, memecahkan rekor tertinggi sepanjang sejarah industri ini.

Pada 2016 adalah tahun dimana keuntungan Porsche yang paling besar selama ini, atau meningkat 10% dibandingkan tahun sebelumnya. Pada tahun itu setiap karyawan Porsche menerima bonus sebesar 8.911 Euro (127 juta rupiah).

Baru-baru ini pada rapat besar korporasi, ketua Serikat Buruh Porsche Uwe Hück berterima kasih pada seluruh karyawan atas kerja keras mereka, dan mengumumkan setiap orang mendapatkan bonus sebesar 9.111 Euro.

Porsche tipe 911 adalah tipikal mobil Porsche yang dikenal masyarakat luas. Setiap karyawan tetap di perusahaan itu mulai dari teknisi, pekerja di lantai produksi, bahkan petugas keamanan, pekerja kantin sampai petugas kebersihan, semua berhak mendapatkan bonus tahunan super besar itu.

Bonus di BMW dan Benz Juga Meningkat

Selain Porsche, karyawan di perusahaan otomotif BMW juga mendapat bonus besar. Bonus tahunan BMW ditentukan berdasarkan level gaji masing-masing karyawan. Sebagai contoh, seorang pekerja jalur produksi bisa mendapatkan bonus 8095,5 Euro (116 juta rupiah), atau melampaui gajinya selama dua bulan rata-rata.

Menurut berita, pada Mei perusahaan BMW akan membagikan bonus tersebut, dan sekitar 900 Euro di antaranya akan dimasukkan ke dalam tabungan pensiunan karyawan.

Tahun sebelumnya bonus tahunan karyawan BMW adalah sebesar 8.375 Euro. Angka ini adalah untuk karyawan professional tingkat ERA5, tapi BMW tidak mengumumkan berapa rata-rata bonus karyawannya di Jerman.

Selain itu, sebanyak 130.000 orang karyawan Mercedes-Benz di Jerman juga menerima bonus tahunan sebesar 5.400 Euro (77 juta rupiah).

Bonus VW dan Audi Menyusut

Karena terimbas dampak kasus gas emisi, produsen otomotif Jerman Audi dan Volkswagen menyusut drastis.

Menurut data, sebanyak 58.000 orang karyawan Audi hanya mendapat bonus tahunan sebesar 3.510 Euro, jumlah ini jauh berkurang dibandingkan bonus tahun lalu (5.420 Euro).

Menurut statistik, sebanyak 120.000 orang karyawan tetap VW Jerman menerima bonus tahunan sebesar 2.900 Euro. Belum lama ini, Dewan Pengawas VW menggelar rapat dan memutuskan, menentukan batas atas gaji Dewan Direksi, dan membatalkan bonus pada 2016.

Gaji tahunan tetap bagi para anggota Dewan Pengawas VW mulai sekarang adalah 100.000 Euro, dan ketua dewan digaji 200.000 Euro.

Bonus adalah sumber utama pendapatan para pejabat tinggi perusahaan. Menurut aturan baru, gaji tahunan tertinggi CEO VW Matthias Müller adalah 10 juta Euro, sedangkan dewan direksi lainnya gaji tahunan tertinggi adalah 5,5 juta Euro.

Mantan CEO VW Martin Winterkorn pernah bertahun-tahun menduduki posisi gaji tertinggi dalam jajaran manajer senior perusahaan DAX Jerman. Pendapatan tertingginya mencapai 15,9 juta Euro setahun, bahkan merupakan pejabat tinggi perusahaan dengan gaji terbesar. (sud/whs/rmat)

Share

Video Popular