Qi Xi (620 – 545 SM) adalah seorang menteri dari Kerajaan Jin selama Periode Musim Semi dan Gugur. Ia memiliki sifat tanpa pamrih dan berwawasan luas dalam mengatasi permasalahan dengan cara yang adil dan bijaksana.

Ensiklopedia Tiongkok klasik, Lüshi Chunqiu, yang ditulis sekitar tahun 239 SM (juga dikenal sebagai Sejarah Lu Buwei, seorang perdana menteri Kerajaan Qin), mencatat bahwa ketika Qi Xi mengusulkan seseorang untuk menduduki posisi sebagai pejabat publik, dia hanya memikirkan orang yang terbaik untuk posisi tersebut dan tidak memedulikan apakah orang yang diusulkannya berlawanan dengannya, atau apakah kerabatnya sendiri.

Suatu hari, Adipati Jin bertanya kepada Qi: “Ada lowongan untuk posisi hakim daerah di Nan Yang. Siapa yang cocok untuk menduduki posisi ini?”

Qi menjawab: “Xie Hu dapat ditugaskan dalam posisi ini.”

Adipati itu merasa heran dengan usulan Qi dan bertanya, “Bukankah Xie Hu itu musuh Anda? Kenapa Anda mengusulkannya?”

“Yang Mulia bertanya siapa yang pantas untuk mengisi posisi tersebut, bukan siapa musuh saya!” jawab Qi.

Kemudian Adipati tersebut menunjuk Xie Hu untuk menduduki jabatan sebagai hakim daerah Nan Yang. Dan memang benar, Xie Hu melakukan tugas¬nya dengan sangat baik, orang-orang banyak yang memujinya.

Beberapa saat kemudian, Adipati bertanya lagi kepada Qi: “Kita membutuhkan seorang petinggi militer kerajaan. Menurut Anda, siapa yang pantas menjabat posisi ini?”

Qi menjawab: “Qi Wu mampu mengembannya.”

Adipati itu bertanya lagi: “Bukankah Qi Wu adalah putra Anda? Kenapa Anda mengusulkannya?”

“Yang Mulia bertanya siapa yang dapat menjabat posisi sebagai petinggi militer, bukan bertanya siapa putra saya!” papar Qi.

Adipati itu akhirnya menunjuk Qi Wu untuk menduduki posisi tersebut. Dan dia benar-benar melakukan pekerjaannya dengan baik serta menerima pujian dari semua orang.

Ketika Konfusius mendengar hal ini, dia bertutur kepada murid-muridnya: “Mengusulkan musuh Anda bukan untuk menjilat; menyodorkan putra Anda bukan untuk kepentingan diri sendiri; hanya ketika seseorang memiliki kebijakan tinggi yang dapat merekomendasikan orang-orang seperti ini. Qi Xi lah orangnya, karena dia tanpa pamrih dan adil bijaksana!” (Epochtimes/Ajg/Yant)

Share
Tag: Kategori: Uncategorized

Video Popular