Jika Anda seperti kebanyakan orang, Anda biasanya membuang kulit pisang ketika Anda selesai makan pisang. Nah, pikirkan lagi sebelum kulit Anda berakhir di sampah, karena kulit pisang berguna dalam banyak cara yang berbeda!

Manfaat untuk rumah tangga:

Menghilangkan minyak dan noda . Gosokkan ermukaan peralatan dapur yang bernoda. Kotoran dan minyak akan hilang dengan mudah.

Mengkilapkan produk kulit. Gosok ada produk kulit seperti sepatu dan jaket. Maka produk tersebut akan tampak bersinar dan membuat awet dipakai.

Mengkilapkan produk perak.  Gosokkan  barang yang terbuat dari perak. Maka akan terjadi oksidasi sehingga akan mengkilapkan barang yang terbuat dari perak dan tampak seperti baru.

Menghilangkan noda tinta. Jika ada noda tinta pada kulit, gosokkan kulit pisang pada tempat tersebut. Minyak yang terkandung di dalamnya akan mengurai dan menghilangkan tinta secara efektif.

Menyegarkan ruangan di dalam mobil. Jika interior mobil bau apek, taruh kulit pisang di dalam mobil untuk menyerap bau tak sedap, namun ingatlah untuk selalu rutin menggantinya.

GosokKAN pada barang yang terbuat dari perak. Maka akan terjadi oksidasi sehingga akan mengkilapkan barang yang terbuat dari perak dan tampak seperti baru. (Image: Pexels / CC0 1.0)

Manfaat untuk kesehatan

Kulit gatal. Zat kimia yang terkandung di dalamnya  akan menekan pertumbuhan jamur dan bakteri. Ada tiga cara untuk menggunakan kulit pisang untuk mengobati kulit yang gatal:

° Gosok bagian dalam kulit pisang pada daerah kulit yang gatal.
° Tumbuk kulit pisang menjadi pasta dan oleskan pada daerah kulit yang gatal.
° Rebus kulit pisang dengan sedikit air dan gunakan air tersebut untuk mencuci daerah kulit yang gatal.

Sariawan mulut. Rebus kulit pisang yang telah dikeringkan dengan herbal Tiongkok bernama Huo Tan Mu (Polygonum Chinesis Herba). Kemudian tambahkan gula merah untuk membuat seduhan teh yang diminum beberapa kali sehari sampai sariawan mulut hilang.

Nyeri kepala akibat terlalu banyak minuman beralkohol.  Rebus sekitar 60 gram kulit pisang di dalam air selama 10 menit dan minum setelah hangat untuk meredakan nyeri kepala dan gejala lainnya akibat minum meninuman beralkohol terlalu banyak.

Gigitan nyamuk. Gosokkan kulit pisang pada tempat gigitan nyamuk untuk meredakan gatal.

Zat kimia yang terkandung di dalam kulit pisang akan menekan pertumbuhan jamur dan bakteri. (Image: Pixabay / CC0 1.0)

Manfaat lain

Mengkilapkan tanaman . Gosokkan pada daun tanaman di dalam ruangan, maka daun tersebut akan mengkilap.

Pupuk organik. Karena kaya mengandung mineral seperti magnesium dan kalium. Kubur kulit pisang di dalam tanah akan meningkatkan pertumbuhan tanaman.

Mematangkan buah. Taruh bersaman dengan buah mentah di dalam kantong kertas akan menyebabkan buah tersebut matang dalam satu hari.(Visiontimes/Vivi/Yant)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular