Stres dan kurangnya waktu tidur yang berkualitas adalah saling berhubungan. Stres yang dialami sewaktu di tempat kerja menyebabkan Anda menghabiskan banyak waktu  memikirkan masalah yang membelenggu pikiran Anda. Kesulitan untuk tidur atau insomnia adalah satu masalah yang tidak bisa dipandang enteng.

Untuk membantu Anda yang mengalami ini, berikut kami sajikan solusinya.  Hanya dalam waktu satu menit, Anda dapat menikmati waktu tidur yang berkualitas sekaligus memasok energi untuk keesokan harinya. Teknik yang dikenal sebagai ‘4-7-8’ diperkenalkan  Dr. Andrew Weil.

Hanya 4 langkah yang diperlukan:

  1. Tarik napas melalui hidung selama 4 detik.
  2. Tahan nafas selama 7 detik.
  3. Hembuskan napas perlahan melalui mulut selama 8 detik.
  4. Ulangi semua langkah di atas 2 sampai 3 kali dan Anda pasti akan mengalami tidur yang nyenyak.

Nampak mudah tetapi sangatlah efektif!

Bagaimana teknik pernapasan ‘4-7-8’ ini efektif? Ketika Anda sedang stres atau gugup, Anda kurang bernapas. Justru, teknik memperpanjang pernapasan masuk memungkinkan paru-paru Anda menerima lebih banyak oksigen.

Dengan menahan nafas pula memungkinkan aliran udara masuk ke dalam saluran darah. Teknik ini akan memperlambat detak jantung Anda selain menerima lebih banyak oksigen ke dalam tubuh yang berfungsi untuk menenangkan jantung dan pikiran Anda.

Ini adalah fisiologis yang sangat mudah! Efeknya, tubuh Anda akan menjadi lebih tenang.

Teknik ini tidak hanya efektif untuk membantu Anda tidur dengan nyenyak tetapi dapat juga diaplikasikan ketika Anda sedang gugup atau berada dalam kondisi marah. (Erabaru.my/Yant)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular