Tahukah Anda? Obat tetesan mata adalah produk yang sangat penting bagi masyarakat di Jepang. Hal ini mungkin kedengaran aneh tetapi mereka menggunakan obat ini setiap satu jam!

Justeru, masyarakat kita juga seharusnya  mengikut masyarakat Jepang di dalam penggunaan obat tetes mata ini mengingat kita menggunakan mata kita sepanjang hari. Sekiranya tidak dijaga, mata akan mudah rusak atau rabun.

Perlu diperhatikan, sekiranya Anda menggunakan mata Anda untuk melakukan 7 masalah ini, mata akan menjadi mudah kering dan letih. Maka Anda wajib mengikuti langka masyarkat Jepang tersebut di atas.

1. Menatap layar komputer di tempat kerja setiap hari
Anda pasti tahu bahawa menatap layar komputer untuk jangka masa yang lama adalah tidak baik untuk kesehatan mata Anda. Menggunakan komputer dan telepon seluler setiap hari sebenarnya memaksa mata Anda untuk bekerja lebih daripada apa yang sepatutnya.

Kesannya, anda akan mengalami sindrom penglihatan komputer atau computer vision syndrome (CVS). Antara simptom-simptomnya adalah penglihatan akan menjadi kabur, mata akan kering, gatal dan juga kemerahan.

2. Membaca, menulis dan mengemudi
Pada dasarnya, melakukan aktivitas yang melibatkan penggunaan mata pada jangka waktu yang lama dapat merusak mata Anda. 3 kegiatan ini yaitu membaca, menulis dan mengemudi adalah kontributor utama kerusakan mata.

Pastikan Anda tidak terlalu fokus pada kegiatan ini dan ambil waktu jeda untuk menyegarkan mata Anda.

3. Menggunakan ponsel dalam keadaan gelap
Anda mungkin harus memikirkan kembali tentang ini terutama jika Anda tipe yang melihat telepon pada waktu malam dalam jarak yang dekat. Efek cahaya yang dipancarkan oleh telepon seluler pada waktu siang saja sudah cukup memberikan efek buruk ke mata Anda apalagi pada waktu malam.

Melihat layar ponsel dalam kondisi cahaya yang gelap selama lebih dari 30 menit dapat menyebabkan kerusakan penglihatan secara drastis. Bahkan, ada beberapa kasus yang melibatkan kondisi yang dikenal sebagai ‘buta telepon’ pernah dilaporkan di mana pandangan individu tersebut secara tiba-tiba menjadi buta untuk sementara waktu.

4. Terpapar sinar Matahari atau lampu mobil pada malam hari
Masalah utama ketika mengemudi adalah harus berurusan dengan silau cahaya Matahari atau lampu mobil. Keduanya dapat menyebabkan kerusakan mata dan yang paling parah, buta!

Selain merusak penglihatan, silau cahaya tersebut juga akan menyebabkan kecelakaan karena kehilangan penglihatan sementara.

5. Begadang dan sering tidur larut malam
Hal ini seringkali dilakukan oleh kaum muda terutama mahasiswa. Tetap pada waktu malam hanya untuk menyelesaikan tugas atau menonton drama langsung secara online akan mengganggu mata  untuk mendapatkan istirahat yang cukup.

Hal ini akan menyebabkan mata menjadi lelah, gatal dan juga mengalami myokymia yaitu urat mata membengkak.

6. Terpapar AC sepanjang hari
Mengingat daerah tropis mengalami cuaca dan suhu yang panas, setiap orang memang tidak bisa hidup tanpa alat pendingin udara. Selain berfungsi untuk mendinginkan, juga menyedot air yang ada di dalam udara dan mengeringkannya.

Kesan umum yang timbul darinya adalah kemerahan dan iritasi pada mata terutama pada individu yang memakai lensa kontak.

7. Sering menggosok mata
Tindakan pertama yang sering kita lakukan setiap kali mengalami iritasi atau mata menjadi lesu adalah dengan menggosoknya.

Tindakan ini akan mengakibatkan luka pada bagian mata Anda. Ini tidak hanya akan memecahkan pembuluh darah pada mata tetapi juga akan menggores serta menipiskan lapisan kornea yang akan berkontribusi pada kondisi mata yang parah.(Erabaru.my/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular