Banyak orang tinggal di daerah perkotaan mengalami mata kering dan iritas secara kronis. Tapi apakah Anda pernah berhenti untuk bertanya-tanya apa yang sebenarnya menyebabkan ini? Polusi?

Asap  menyebabkan masalah pernapasan. Materi kecil yang melayang di udara mengandung asap hitam yang mengandung karbon akibat hasil pembakaran organik yang tidak sempurna, asap, sulfat, nitrat, debu dan karet yang menyebabkan iritasi pada mata.
Pada beberapa negara, polusi udara adalah sangat buruk sehingga orang terpaksa beradaptasi untuk memakai masker penutup hidung dan mulut. Mungkin beberapa orang ingin memakai kacamata pelindung.

Masker melindungi saluran pernapasan terhadap iritasi polusi udara di perkotaan. (Foto: theglobalpanorama via Compfight cc )

Meneteskan obat mata yang dijual bebas membantu melumasi mata, namun hanya bersifat sementara.

Masalahnya adalah mata tidak memproduksi air mata yang cukup, saluran air mata dihambat oleh polusi.

Video ini menceritakan seorang wanita muda yang menderita mata kering. Untungnya, dokter yang mengobatinya sudah berpengalaman mengobati pasien mata kering yang disebabkan oleh polutan yang terdapat di dalam udara.

Dokter tersebut tidak memberi resep obat tetes mata kepada wanita muda tersebut. Dokter menyuruhnya membersihkan saluran air matanya yang tersumbat setiap hari dengan air.

Setelah beberapa minggu, mata wanita muda itu menjadi tidak kering lagi dan sudah tidak merasakan ketidaknyamanan di mana ia harus mengedip mata secara terus-menerus.

Tips dokter untuk mengobati mata kering

  • Basahi ujung kain katun yang bersih dengan air hangat.
  • Peras kelebihan air dari ujung kain katun tersebut.
  • Tarik ke bawah kelopak mata bawah. Usapkan dengan lembut  ujung katun pada sudut mata di mana terdapat saluran air mata berada.
  • Lakukan untuk kelopak atas dan bawah mata kanan dan kiri.
  • Lakukan selama beberapa minggu secara rutin untuk memastikan bila masalahnya adalah saluran air mata Anda disumbat oleh pencemaran.

Jika Anda  menderita mata kering secara terus-menerus dan tinggal di daerah industri yang padat, maka cobalah tips tersebut. Hasilnya adalah tidak segera dapat dinikmati, memakan waktu beberapa minggu supaya saluran air mata tidak disumbat.

Bila tidak ada perbaikan, Anda harus sering membersihkan kelopak mata Anda untuk menghindari terjadinya mata kering.(Visiontimes/Vivi/Yant)

Share

Video Popular