Ikan memang hidangan yang sangat enak dinikmati selain kaya dengan zat dan protein. Namun, tulangnya yang banyak dan halus pasti akan membuat beberapa orang tidak suka untuk memakannya.

Tidak ada yang lebih menakutkan ketika Anda sedang menikmati hidangan ikan yang enak dan tiba-tiba, Anda menemukan bahwa ada tulang ikan yang terjebak di tenggorokan Anda.


Jika Anda pernah mengalami situasi ini, Anda merasa begitu tersiksa berada dalam kondisi tersebut. Bukan hanya selera makan kita akan terhambat, tulang ikan yang macet juga akan meninggalkan efek pedih yang amat menyakitkan. Dalam beberapa kasus, tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan juga dapat mengakibatkan pendarahan.

Jadi, jika situasi ini terjadi pada Anda, cobalah enam langkah yang mudah ini:

1. Batuk

Tindakan pertama yang harus dilakukan adalah dengan batuk. Dengan batuk secara kuat untuk beberapa menit mampu mengeluarkan tekanan udara yang cukup untuk memaksa tulang ikan tersebut keluar.

2. Menelan minyak zaitun

Jika batuk tidak berhasil mengeluarkan tulang ikan tersebut, Anda bisa menelan minyak zaitun yang berfungsi sebagai pelumas. Minyak mampu membantu dalam kelancaran tulang yang tersangkut dan melembutkannya sehingga memungkinkan Anda menelan tulang tersebut.

3. Menelan marshmallow

Ambil sekeping marshmallow yang besar dan masukkan ke dalam mulut Anda. Gigit sedikit sehingga marshmallow menjadi lembut dan lengket lalu telankan. Bahan yang lengket ini akan menynetuh tulang yang tersangkut dan membawanya turun ke perut.

4. Meneguk cuka

Anda juga dapat mencoba meneguk sedikit cuka yang telah dicampurkan dengan air. Air cuka yang bersifat asam dapat melarutkan tulang ikan yang lembut. Namun, metode ini membutuhkan waktu sedikit lama.

5. Celup roti di dalam air hangat

Metode dengan menggunakan roti ini adalah lebih kurang sama dengan metode menggunakan marshmallow. Carikkan sedikit roti dan rendam sebentar dalam air hangat atau susu. Kepalkan roti tersebut dan ditelannya sebiji-sebiji. Tekstur roti yang kasar dan lengket dari susu atau air tersebut akan membantu menyingkirkan tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan Anda.

6. Kunjungi dokter


Jika Anda telah mencoba keenam metode di atas dan masih tidak efektif, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan selanjutnya. Anda juga harus berkonsultasi langsung dengan dokter jika mengalami pendarahan parah, luka yang dalam atau kemacetan nafas ketika berhadapan dengan situasi tercekik tulang ikan ini.

Jangan lupa untuk bagikan tips ini ke teman-teman agar dapat menikmati hidangan ikan tanpa rasa takut lagi setelah ini. (Erabaru.com.my/asr)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular