Masalah kulit mudah terjadi jika Anda makan sesuatu, melakukan sesuatu, atau lupa akan kebutuhan tubuh Anda. Stres lingkungan, kurangnya nutrisi, dan makanan yang menyebabkan alergi – atau kombinasinya – adalah penyebab yang sering terjadi.

Beberapa kesalahan yang paling sering terjadi sehingga menyebabkan reaksi pada kulit:

Kurangnya minum air

Adalah penting untuk minum banyak air. (Image: theowl84 via Compfight cc)

Ketika sel mengalami dehidrasi, sel kehilangan struktur dan bentuknya yang bulat. Maka pastikan Anda minum paling sedikit 8 gelas air atau air teh setiap hari (jangan minum alkohol dan minuman yang mengandung kafein seperti teh hitam atau kopi, karena menyebabkan kebutuhan akan air menjadi meningkat).

Kelebihan gula putih

Hindari makan gula putih dalam jumlah banyak. (Image: moritz320 via Pixabay/CC0 1.0)

Gula mempercepat proses penuaan, menyebabkan keriput, dan kulit kusam. Gula merusak kolagen dan elastin, yang merupakan serat penting untuk mempertahankan kulit tetap kencang. Makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi seperti pasta, roti putih, dan kue berkaitan dengan meningkatnya jerawat, oleh karena itu makanlah gandum utuh atau bubuk yang tidak mengandung gluten seperti quinoa, atau beras merah.

Kelebihan alkohol

Hindari minum alkohol dalam jumlah banyak. (Image: PixaBay/CC0 Public Domain)

Alkohol menyebabkan dehidrasi pada kulit dan membebani kerja hati, sehingga racun tidak dapat dikeluarkan dari tubuh dengan mudah.

Kurangnya  tidur yang berkualitas

Kualitas tidur yang baik adalah penting. (Image: *Deepjoy via Compfight cc)

Istirahat dan masa pemulihan adalah penting untuk fungsi organ yang baik.

Cemas atau stres yang berlebihan

Stres dan cemas menyebabkan keriput yang menetap. (Image: Pixabay via CCO Public Domain)

Garis kerutan akan abadi pada dahi bila pikiran Anda sering tidak rileks atau tenang. Pandanglah garis kerutan bila Anda sedang rileks dan katakan hal-hal yang positif untuk diri sendiri.

Terlalu banyak garam halus

Garam tidak bermanfaat untuk kulit. (Image: Pixabay CC0 Public Domain.)

Sebagian besar garam membuat wajah Anda tampak tembem akibat penimbunan cairan di jaringan — sehingga jaringan menjadi menjadi bengkak.

Kurangnya lemak esensial di dalam makanan

Kacang mentah adalah sangat baik untuk kulit. (Image: The Travelling Bum via Compfight cc)

Lemak esensial terkandung di dalam kacang mentah, biji-bijian dan ikan berlemak seperti salmon. Tanpa makan makanan yang mengandung lemak esensial, kulit di daerah tertentu menjadi kering, namun bila makan terlalu banyak gula pada saat yang sama maka kulit akan menjadi berminyak dan timbul jerawat.

Kurangnya vitamin C atau buah dan sayuran segar

Makan banyak buah dan sayuran segar. (Image: 427 via Compfight cc)

Selalu berpikir untuk makan lebih banyak sayuran hijau. Vitamin C, yang ditemukan pada banyak buah dan sayuran, adalah penting untuk membuat kolagen, yaitu protein yang mempertahankan kulit tetap elastis dan lembut. Banyak penelitian membuktikan bahwa orang yang makan cukup makanan yang kaya mengandung vitamin C memiliki lebih sedikit kerutan dan lebih awet muda dibandingkan dengan orang yang sedikit makan makanan yang mengandung vitamin C.

Merokok

Jangan merokok bila ingin memiliki kulit yang baik. (Image: Pixabay/CC0 Public Domain)

Merokok akan meningkatkan kebutuhan tubuh akan vitamin C dan kolagen untuk memulihkan kulit, karena rokok benar-benar membuat kulit menjadi tua dan menyebabkan radikal bebas yang merusak tubuh.

Keadaan lain yang mempengaruhi kulit:

  • Fungsi tiroid yang rendah, yang membuat kulit tampak kering.
  • Tidak toleransi makanan tertentu dan alergi makanan yang memerlukan perhatian sistem pencernaan.(Visiontimes/Vivi/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular