Pengobatan Tradisional Tiongkok (PTT) percaya bahwa tidur lelap pada waktu-waktu pergantian malam dan pagi (11 malam hingga 3 pagi), sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh, sehingga kualitas tidur akan lebih tinggi. (RUIGSANTOS / SHUTTERSTOCK)

Jika Anda setiap malam dapat menikmati tidur selama 7–9 jam, lalu bilamana pergi tidur apakah juga penting? Jawaban dari sisi Pengobatan Tradisional Tiongkok (PTT) adalah: Ya, penting.

Selama ribuan tahun, Ilmu PTT percaya bahwa ritme siang-malam tubuh manusia itu berjalan  berdasarkan sirkulasi Qi (dibaca: Chi/Ji, energi vital) yang diarahkan oleh batin (mind), yang mengkoordinasikan lima organ internal, dan mempunyai hubungan yang sinkron serta sejalan dengan perubahan pertumbuhan dan penyusutan Yin-Yang alam semesta.

Dokter praktisi PTT dan akupunkturis yang membuka praktek di  Manhattan, New York, Dr. Tsao-Lin Moy menjelaskan bahwa ketika seseorang itu begadang sepanjang malam, bukan saja telah mengingkari jam biologis dalam diri sendiri, juga tidak mematuhi hukum alam. Jadi, pergi tidur yang terlambat, bertentangan dengan siklus peredaran Bumi dan Matahari, hal mana dapat menguras persediaan energi tubuh. “Orang-orang yang secara berkepanjangan bekerja di malam hari, banyak yang menderita berbagai penyakit.”

Penelitian modern terhadap tidur telah menemukan bahwa sangatlah penting untuk tidur pada jam-jam tertentu: orang yang bekerja pada shift malam lebih mudah terjangkit penyakit jantung, lambung, kanker payudara, juga mendatangkan risiko yang lebih besar bagi wanita hamil. Tidur lebih awal menguntungkan bagi kesehatan jantung. Penelitian mikrobiologi juga menunjukkan bahwa flora usus tubuh juga memiliki ritme sirkadian, begadang akan dapat mengacaukannya.

Paling baik tidur jam berapa?

Jadi, tidur jam berapa adalah yang terbaik? Rekomendasi Dr. Moy adalah: pukul 22: 00 berangkatlah tidur, hendaknya tertidur sebelum pukul 23: 00.

PTT percaya, antara jam11 malam sampai jam 1dini hari tubuh berada pada kutub Yin dari jam biologis kehidupan Tai Chi, merupakan saat-saat selama seharian energi Yin berada dalam keadaan paling kuat, sedangkan Yin berkaitan erat dengan tidur. Pada saat itu energi Yang tersembunyi, maka beristirahat dengan tidur lelap membantu untuk mendapatkan pemulihan yang lebih sempurna. “Inilah saat-saat kita bisa tidur dalam keadaan terbaik, karena sejalan dengan irama bumi, kualitas tidur pun juga lebih tinggi.”

Energi vital, kondisi darah, organ internal, dan tidur

Ilmu PTT mempercayai bahwa Qi tubuh bersirkulasi sepanjang meridian. Ketika Qi bersirkulasi, pada jam-jam yang berbeda dalam sehari akan berkumpul pada organ yang berbeda. Dengan kata lain, setiap 2 jam yang berbeda terdapat sebuah meridian dan sebuah organ internal yang “bertugas”.

Jam 11 malam sampai dengan jam 1 dinihari, Qi darah terkonsentrasi di meridian kandung empedu. Qi dari kandung empedu merupakan energi Yang yang baru tumbuh, energi Yang sejak mulai tumbuh hendaknya dipelihara. Sedangkan pada jam 1 hingga jam 3 dini hari, Qi (energi vital) darah berkonsentrasi pada meridian liver. Meridian liver berkaitan dengan pertumbuhan, hati berfungsi untuk detoksifikasi dan pembentukan darah, perlu membiarkannya beristirahat.

Dr. Yang Jingduan, seorang doktor yang bertugas pada Pusat Integrative Medicine ilmu pengobatan mental dan perilaku di Universitas Thomas Jefferson Philadelphia, Amerika Serikat, mahir dalam bidang ilmu PTT, juga merupakan direktur TAO Institute of Mind & Body. Ia mengatakan kepada para wartawan bahwa orang-orang yang tidur beristirahat pada jam-jam tersebut, membantu pengembangan energi dan detoksifikasi tubuh.

“Kedua organ tersebut adalah pemain utama dalam sistem tubuh manusia untuk dapat berfungsi dengan sehat selama siang hari. Mematuhi untuk beristirahat pada jam-jam di antara 11 malam sampai 3 dini hari laiknya pengisian listrik, sangatlah menentukan bagi kesehatan\”. Tulisnya dalam buku karyanya “Menghadap ke dunia timur: rahasia kesehatan dan kecantikan zaman dahulu untuk zaman modern” (Facing East: Ancient Health and Beauty Secrets for the Modern Age).

Dr. Yang juga menyarankan, antara jam 11:00-13:00  beristirahat sebentar, karena pada waktu tersebut, energi vital berkumpul di meridian jantung, tidur sebentar akan menghimpun energi Yang dan membantu mengurangi stress sehari-hari.

Biarkan energi internal selaras dengan alam

Jika Anda sulit tidur, Dr. Moy merekomendasikan untuk mengendalikan cahaya ruang. Perumahan masa kini, pencahayaannya cukup, lampu jalanan dan layar elektronik juga memberikan rangsangan yang tinggi pada manusia. Menjaga kamar tidur Anda gelap, serta melakukan pemijatan pada bagian kaki, pergelangan tangan dan kepala akan membantu membuat santai menjelang tidur, dan melepaskan stres.

Selain itu, Dr. Yang juga menyarankan agar tidur lebih banyak pada musim dingin (di Negara 4 musim), Anda dapat menghimpun energi, sehingga akan memiliki lebih banyak energi. Sebelum tidur kaki direndam dengan air panas, lalu bermeditasi, semua ini akan membantu meningkatkan kualitas tidur.

Jika terpaksa begadang semalam suntuk, bagaimana dengan cepat mengembalikan semangat? Baca di edisi minggu depan: “7 metode untuk dengan cepat menghilangkan rasa lelah karena begadang semalam suntuk”. (Epochtimes/Pur/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular