Kita tahu, insomnia merupakan satu hal yang sangat menyiksa,  apa jadinya jika selama 40 tahun tidak pernah tidur?

Hal ini terjadi pada seorang pria asal Vietnam. Selama 40 tahun ia tidak pernah tidur sekejab pun. Sementara dokter tidak menemukan adanya kelainan secara fisik pada pria ini.

Thai Ngoc, petani Vietnam penderita insomnia akut.

Pria ajaib ini adalah Thai Ngoc atau Hai Ngoc (70 tahun) yang berasal dari Que Trung Commune, Kabupaten Nong Son di provinsi Quang Nam, Vietnam.

Menurut penuturannya, suatu malam pada 1973 silam, ia tiba-tiba demam tinggi. Dan sejak itu, entah berapa malam sudah, ia sendiri juga tidak ingat lagi berapa kali menghitung jumlah kambing dan sapinya, dengan maksud supaya kelelahan dan tidur, tapi tetap saja tidak bisa tidur.

“Saya benar-benar tidak tahu apakah insomnia akan mempengaruhi kesehatan saya, tapi secara fisik saya sendiri merasa sehat-sehat saja selama ini, dan saya selalu melakukan pekerjaan sehari-hari, bertani,” katanya.

Untuk memastikan kesehatannya, ia membawa tas pupuk yang beratnya lebih dari 50 kg setiap hari dan berjalan sepanjang 4 km dari rumahnya.

“Saya pernah mencoba menggunakan obat tidur dan obat tradisional Vietnam, tapi tidak banyak berpengaruh, saya hanya bisa tidur selama beberapa menit,” ujar Thai Ngoc.

Thai ngoc juga pernah menemui dokter spesialis, selain bermasalah ringan pada organ hati, secara keseluruhan ia sehat-sehat saja.

Thai Ngoc tinggal di ladang miliknya seluas 5 hektar di kaki gunung, ia juga memelihara babi dan ayam, serta keluarga dari enam anak.

Karena mengalami insomnia, sehingga ia menghabiskan waktu insomnianya ini dengan berkebun atau menjaga perkebunannya di malam hari.

Ia pernah menghabiskan waktu tiga bulan, menggali siang malam dua kolam besar untuk budidaya ikan. Selain itu, ia juga kerap membantu penduduk desa.

Psikiater setempat pernah mengatakan, bahwa kurang tidur dalam jangka panjang kerap akan menyebabkan anoreksia, mudah kantuk, dan mudah tersinggung / lekas marah. Tapi kondisi Thai Ngoc ini benar-benar unik, selama 40 tahun insomnia, namun, ia bisa beraktivitas seperti biasa dan bekerja normal. Ajaib dan mencengangkan! (jhony/rp)

Share

Video Popular