Singa terancam punah di Afrika Selatan, baik melalui perdagangan tulang singa secara legal, perburuan ilegal, atau untuk ajang perlombaan berburu. Namun kelihatan singa afrika akan punah juga. Itu karena tulangmereka yang sangat pupuler.

Sejak tahun 2008, jumlah macam di alam bebas menurun tajam, pedagang dari negara Tiongkok dan Vietnam melirik pada singa Afrika Selatan. Pengobatan Tradisional Tiongkok (PTT)  menggunakan bubuk tulang macan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti reumatik, luka, dan nyeri lambung. Tulang macan juga dipercaya meningkatkan keperkasaan pria.

Sejak tahun 2008, jumlah macam di alam bebas menurun tajam. (Foto: pixabay / CC0 1.0)

Dampak pengobatan Tiongkok

Dengan tulang harimau semakin langka, pedagang menggantinya dengan tulang singa.  Pedagang segera menyadari bahwa Afrika Selatan adalah tanah yang menjanjikan untuk hal ini, karena terdapat 4.000-5.000 singa, di mana 2.000 singa dilindungi di Taman Nasional Kruger. Perdagangan singa di Afrika Selatan adalah legal, tanpa memperdulikan populasi singa di Afrika Selatan yang menurun tajam.

Wisatawan dapat berburu singa dengan membayar mahal di Afrika Selatan. Bila wisatawan tersebut tidak mau mengambil tubuh atau tulang singa tersebut, maka mereka akan menguliti singa tersebut dan menjual tulangnya dengan harga yang sangat mahal kepada penyalur di Tiongkok dan Asia Tenggara.

Pengobatan Tradisional Tiongkok menggunakan bubuk tulang macan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti reumatik, luka, dan nyeri lambung. (Foto: Victoria Reayvia flicker / CC BY 2.0 )

Apa yang dapat dilakukan tentang perburuan?

Pejabat Afrika Selatan telah menandatangani perjanjian dengan Pemerintahan Vietnam untuk mencegah penangkapan singa. Berdasarkan perjanjian tersebut, akan ada kerja sama antara penegak hukum di kedua negara dan kepatuhan bersama untuk menegakkan hukum perburuan internasional dalam kedua negara.

Target perjanjian ini adalah khusus pada badak, karena Afrika Selatan adalah rumah bagi sekitar 80 persen dari populasi badak di dunia, sementara Vietnam adalah salah satu dari beberapa negara Asia dengan permintaan yang tinggi untuk cula badak. Jelas, perjanjian ini harus fokus pada singa serta badak. (Visiontimes/Vivi/Yant)

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular