Manfaat Kentut untuk Kesehatan

527
kentut
Makan keju akan menyebabkan kentut . (Gambar: cc0 Public Domain)

Sekarang, kita telah mendengar semua itu! Para ilmuwan telah mengungkapkan bahwa buang angin, biasanya dikenal sebagai kentut , memiliki manfaat kesehatan ,  dan dapat mencegah terjadinya kanker, stroke, serangan jantung, dan bahkan demensia.

Penelitian yang diterbitkan pada jurnal Medicinal Chemistry Communications, menjelaskan pengaruh gas hidrogen sulfida, yang sedikit diproduksi manusia saat mencerna makanan, terhadap  mitokondria sel.  Gas hidrogen sulfida dalam jumlah besar adalah berbahaya, namun ilmuwan menemukan sel yang terpapar terhadap sedikit gas hidrogen sulfida dapat mencegah kerusakan mitokondria.

Para ilmuawan mengatakan, ketika penyakit menekankan sel-sel tubuh, sel-sel menarik enzim untuk menghasilkan  “sedikit gas hidrogen sulfida” untuk melindungi mitokondria.

“Kami mengeksploitasi proses alami ini dengan membuat senyawa AP39, yang secara lambat mengirim sedikit gas hidrogen sulfida untuk mitokondria'”Profesor Matt Whiteman dari Universitas Exeter mengatakan dalam sebuah pernyataan.” Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa jika sel yang mengalami tekanan diterapi dengan menggunakan AP39, maka mitokondria terlindungi dan sel tetap hidup.”

Percobaan masih terbatas di dalam laboratorium, namun peneliti Universitas Exeter berkata mereka “akan melakukan penelitian di masa akan datang pada manusia.”

Dr. Mark Wood, salah seorang peneliti Universitas Exeter, di dalam wawancara di universitas, menyebut gas hidrogen sulfida sebagai “Pahlawan kesehatam dengan implikasi bermakna untuk terapi masa depan untuk berbagai penyakit.”(Visiontimes/Vivi/Yant)