Suku Zaman Batu Terakhir yang Terisolasi dari Dunia Luar

254

Laju kecepatan perkembangan peradaban manusia seperti roket, pesatnya luar biasa. Tapi mobil, kereta api, listrik, internet dan semacamnya tidak berarti ada di mana-mana, karena di dunia ini masih ada suku yang hidup seperti di Zaman Batu.

Pulau Sentinel Utara di kepulauan Andaman yang terletak di Teluk Benggala, India ini adalah sebuah pulau yang misterius. Tanaman di pulau ini tumbuh subur dan lebat, terumbu karang yang tersebar di sekelilingnya, ditambah lagi dengan iklim tropis yang cocok di lingkungan sekitar, benar-benar seperti resort alami yang menakjubkan.

Tapi pemerintah India justru membuat undang-undang melarang orang-orang mendekati kawasan tersebut, karena meskipun panorama di pulau tersebut sangat indah menggoda, tapi ada sekelompok penduduk asli setempat yang berangasan, yakni Sentinelese (Suku Sentinel).

Mereka bukan saja tidak penasaran dengan dunia luar, bahkan mereka menunjukkan sikap bermusuhan dengan “penjajah”(pendatang).

Anda bilang ke pulau ini hanya untuk berkunjung, menyebarkan peradaban? Mereka sama sekali tidak tertarik!

Setiap ada kapal yang mendekati pulau, mereka akan berhamburan keluar dari hutan, kemudian langsung menyerang tanpa menunggu senyum persahabatan dari orang-orang yang ada di kapal.

Bahkan helikopter juga tidak boleh mendekati kawasan mereka, dan memang mereka tidak memiliki senjata yang canggih, tapi memiliki sikap yang keras, mereka tersohor dengan melesakkan senjata panah api dan melempar batu pada pesawat atau helikopter yang sedang terbang rendah untuk misi pengintaian.

Pada 1981 silam, sebuah kapal kargo diserang oleh suku sentinel ketika berlabuh di pulau tersebut. Sementara pada 1988, sebuah kapal dagang India yang mengalami kecelakaan, sehingga terpaksa merapat dan bersandar di pulau itu, tapi mereka juga diserang oleh Suku Sentinel.

Tapi untungnya helikopter tiba menyelamatkan para awak kapal sehinga lolos dari maut. Dan pada 2006, dua nelayan tanpa sengaja mendekati pulau, akibatnya tanpa banyak bicara lagi mereka langsung dibunuh di tempat.

Sampai saat ini, dunia luar tidak tahu sama sekali dengan bahasa, adat istiadat, struktur sosial suku Sentinel ini. Bisa jadi ini adalah satu-satunya suku di dunia yang tidak bersentuhan dengan dunia luar.

Pemerintah India melarang orang-orang mendekati pulau-pulau itu, di satu sisi untuk melindungi suku sentinel, dan di sisi lain untuk melindungi keselamatan masyarakat.

Asal tahu saja, siapapun yang terbunuh di pulau tersebut, maka tidak bisa dimintai pertanggungjawaban kepada mereka.

Terdengar mengerikan dan rasanya tidak adil terhadap mereka yang naas terbunuh di sana, tapi inilah faktanya. Jadi jangan coba-coba mendekati pulau itu kalau ingin selamat. (Jhony/rp)

https://www.youtube.com/watch?v=OaPYwlXOTzQ&feature=youtu.be