Pepaya dikenal sebagai “raja buah selaksa manfaat”, buah pepaya selain enak juga memiliki efek terapi, terutama punya khasiat kecantikan bagi kaum wanita.

Sementara jamur kuping putih juga dikenal sebagai “sarang burung wallet rakyat jelata” dengan harga yang terjangkau.

Apa reaksinya ketika pepaya bercampur dengan jamur kuping putih?

Bahan : Pepaya 400 gram, jamur kuping putih segenggam, jujube 6 biji, gula coklat secukupnya, gula kristal secukupnya.

Cara olah :

1. Jamur kuping putih direndam selama lebih dari satu jam.

  1. Buang bagian akar kuning dari Jamur kuping putih yang telah direndam.
  1. Jamur kuping putih dimasukkan ke dalam wadah, tambahkan air mendidih, lalu tambahkan jujube, gula coklat, untuk rasa manisnya tergantung selera masing-masing.
  1. Kupas kulit pepaya matang yang segar, buang bijinya, potong atau iris papaya dengan ketebalan 0.5cm.
  1. Masukkan ke dalam wadah jamur kuping putih yang sup/kuahnya telah mengental.
  1. Dengan tercampurnya pepaya, lalu direbus sebentar, jangan terlalu lama, atau sebaiknya setelah rebusan jamur kuping putihnya telah sesuai dengan selera anda baru masukkan pepaya.
  1. Kemudian cukup direbus didihkan selama 3 menit.

Saatnya disajikan, mau dikonsumsi dalam keadaan panas/hangat atau tunggu dingin dulu sama enaknya.

Sup pepaya jamur kuping putih ini bisa disebut sebagai sirup yang bernutrisi.

Jika dikonsumsi secara teratur dapat menghasilkan cairan dan melembabkan paru-paru, menghaluskan kulit dan mencegah munculnya keriput dini, serta mempertahankan kelembutan dan keremajaan kulit, memperlambat penuaan.

Mengobati batuk panas, batuk kering tanpa dahak dan sebagainya.

Tips:

Pepaya yang tidak memiliki pantangan apapun, dapat dimakan begitu saja atau dipadukan dengan susu, atau air kelapa.

Prinsip menguruskan badan:

  1. Pepaya dikenal sebagai “raja buah dengan selaksa manfaat”.

Pepaya kaya akan serat, vitamin A dan C, terlebih lagi serat larut dalam buah pepaya dapat membantu menyeimbangkan lipid darah, sekaligus membantu pencernaan dan menguatkan lambung, memiliki efek terapeutik pada masalah pencernaan.

  1. Jamur kuping putih rasanya manis dan ringan, memiliki khasiat menghasilkan cairan pada tubuh, melembabkan paru-paru, memelihara lambung, menguatkan otak dan jantung dan semacamnya.

Tidak hanya cocok bagi semua golongan wanita dan mereka yang fisiknya lemah setelah pulih dari sakit, tapi juga memiliki efek kecantikan dan peremajaan kulit untuk kaum wanita.

Konon katanya khasiat dari jamur kuping putih hampir sama dengan sarang burung wallet, sehingga tidak heran ada julukan pada jamur kuping putih sebagai “sarang burung waletnya rakyat jelata”.

  1. Ditilik dari sudut pandang kedokteran Tiongkok, gula coklat sifatnya hangat, manis, memiliki khasiat menambah darah, menguatkan limpa, menghangatkan lambung, dan meredakan rasa sakit serta melancarkan peredaran darah.

Gula cokelat mengandung banyak zat besi, dan besi adalah zantara utama yang menghasilkan energi bagi tubuh, yang berperan penting membawa oksigen ke organ-organ tubuh dan otot.

Sementara bagi pria yang banyak menghadiri jamuan klien di luar, punya tekanan kerja yang berat, bisa minum beberapa teguk air gula coklat ini, tidak hanya bisa menghangatkan dan menguatkan “yang , tetapi juga membantu memulihkan stamina, mengurangi rasa lelah. (Jhony/rp)

Share

Video Popular