Seorang bayi perempuan dari Pantai Gading, yang lahir dengan empat kaki dan dua tulang belakang, telah berhasil dipisahkan dari kembar parasitnya dalam operasi yang kompleks dan langka, di sebuah rumah sakit di Chicago, Amerika Serikat.

Dominique yang berusia sepuluh bulan menjalani prosedur penanganan selama enam jam yang melibatkan lima ahli bedah di Rumah Sakit Advocate Children di Park Ridge, Illinois, pada 8 Maret lalu. Sekarang dia tumbuh berkembang bersama keluarga asuhnya di Chicago, yang akan merawatnya sampai dia cukup baik untuk kembali ke rumah.

Dominique dilahirkan bersama dengan kembar parasit. Bagian bawah tubuh dari kembarannya yang tidak-sempurna ini menonjol dari leher dan punggungnya.

“Sebuah kembar parasit adalah kembar identik yang gagal terpisah sempurna saat dalam masa perkembangan,” kata Dr. John R. Ruge, seorang ahli bedah saraf pediatrik di rumah sakit itu.

“Dengan kata lain, bukan kembaran yang independen, tapi kembar lain yang tergantung pada sistem tubuh saudaranya, jadi jantung dan paru-paru Dominique menyediakan nutrisi untuknya.”

Dokter tidak memberikan nama keluarga Dominique.

Nancy Swabb, dari Edgebrook, Illinois, telah menjaga Dominique sejak dia tiba di Amerika Serikat untuk menjalani operasi.

Dia telah menyentuh hati kami. Dia adalah anggota keluarga kami,” kata Swabb. “Dia sangat menakjubkan.”(NTD.TV/Julius/Yant)

Share
Kategori: SERBA SERBI VIDEO

Video Popular