Ini Dia Gua Bawah Air Terdalam di Dunia

799

Oleh: Lin Yan

Sekelompok personil dari tim ekspedisi gua dan robot secara bersama menjelajahi sebuah gua bawah air yang terkenal. Kedalaman gua yang ditemukan mereka ini memecahkan rekor sebelumnya.

Gua bernama Hranická Propast yang berada di Republik Ceko, seperti dilansir Life science Amerika, kedalamannya mencapai hingga 1325 kaki (404 meter). Ini menjadi gua bawah air terdalam di dunia, jauh lebih dalam 39 kaki (12 meter) dari gua bawah air yang rekor sebelumnya dipegang Pozzo del Merro di Italia.

Penyelam Polandia Krzysztof Starnawski menjelajahi gua Hranická Propast di Republik Ceko pertama kali pada 1999.

Ia menemukan formasi batu kapur di gua tersebut berkembang secara aneh dan mengindikasikan bahwa gua mungkin lebih dalam dari yang diperkirakan. Karena itu, ia memimpin tim ekspedisi Ceko dan Polandia kembali menelusuri gua tersebut.

Pada 2014 lalu, diving, Starnawski pernah menyelami gua ini dan mencapai kedalaman 656 kaki (200 meter).

Awalnya, ia mengira itu adalah dasar gua, ternyata ia menemukan celah sempit yang membentuk terowongan vertikal nan gelap gulita dan dikelilingi oleh kapur kasar.

Sejumlah besar kegiatan penyelaman yang sebagian didanani departemen geografi nasional, sehingga dalam dua tahun terakhir telah mengumpulkan lebih banyak data.

Tahun lalu, Starnawski menemukan celah sempit itu telah melebar, dia bisa mengukur kedalamannya 869 kaki (265 meter) dengan bantuan remotely operated underwater vehicle (ROV).

Baru-baru ini, ketika mereka mengukur lagi dengan bantuan ROV, lubang besar itu memiliki kedalaman 404 meter, dan memastikan bahwa gua Hranická Propast adalah gua bawah air terdalam di dunia. (erabaru.net/ Jhony)