Jamur putih sangat bermanfaat karena khasiatnya untuk kesehatan yaitu bersifat anti-peradangan dan anti-tumor. Keluarga di Tiongkok sering memasak sup jamur putih dengan gula batu atau ditambahkan daging ayam, untuk memberi nutrisi pada tubuh, menyembuhkan batuk tak berdahak, dan membersihkan hawa panas di paru.

Jamur putih juga membuat kulit tetap awet muda, karena kandungan kolagen di dalam jamur ini setara dengan yang terkandung di dalam sarang burung wallet. Sarang burung wallet lebih mahal 50 kali lipat dibandingkan dengan jamur, maka jamur putih disebut sebagai “sarang burung wallet si miskin”.

Jamur putih disebut juga sebagai jamur kuping salju, jamur kuping perak, jamur kuping kayu putih, dan jamur tremella putih. (Image: Mark Hillary via flickr CC BY 2.0 )

Cara merendam 

Rendam jamur dengan air dingin (minimal 3-4 kali lebih banyak dari jamur) selama 10-15 menit sampai berubah menjadi warna putih kekuningan atau agak bening. Rendam selama ½ – 1 jam sampai lembut semuanya.

Cara mengiris 

Bagian bawahnya tetap keras walaupun telah direndam; iris dan buang bagian ini. Robek-robek jamur menjadi kecil-kecil. Cuci dan tiriskan. Jamur  siap untuk dimasak sup.

Cara masak sup manis jamur putih dengan buah pir

Bahan:

  • 2 buah pir, kupas kulitnya, potong dadu kecil
  • 10 butir kurma, buang bijinya, potong menjadi 2 bagian
  • 2-3 jamur putih
  • 5 cangkir air
  • 5 butir gula batu

Cara masak:

  1. Rendam jamur selama ½-1 jam atau sampai lunak. Buang airnya. Iris dan buang bagian bawahnya yang keras.
  2. Robek atau potong jamur menjadi kecil-kecil. Cuci di bawah air yang mengalir untuk membuang kotoran yang menempel. Sisihkan.
  3. Taruh jamur , buah pir yang sudah dipotong dadu, kurma, dan air ke dalam slow cooker untuk dimasak selama 4 jam. Jika Anda menggunakan slow cooker yang boros listrik, maka waktu untuk memasak lebih pendek dari 4 jam.
  4. Tambahkan gula batu ke dalam sup dan didihkan sampai gula batu larut, sekitar 5-10 menit.
    Sajikan hangat dan nikmatilah!(Visiontimes/Vivi/yant)

Share
Tag: Kategori: KULINER

Video Popular