Berhenti Mengkiritik Diri Sendiri

206

Apakah Anda juga memiliki perasaan ini? Mendengarkan cerita-cerita dongeng pada masa kecil, menjadi princess Snow White yang adalah impian banyak orang, tetapi tampaknya pikiran demikian adalah jauh dari jangkauan, tetapi ketika mendengar cerita pengalaman itik jelek dihina dan ditertawakan orang, didalam hati akan memiliki resonansi, berharap suatu hari diri sendiri dapat berubah menjadi angsa yang cantik.

Namun, sejak kecil hingga remaja, dari remaja sampai bekerja dan berhadapan dengan masyarakat, Anda masih seperti biasa-biasa saja, tahu bahwa Anda tidak cantik, tidak cukup tampan, tidak cukup pintar, tidak ada bakat khusus, dalam kerumunan masyarakat, meskipun ada beberapa hal yang ingin disampaikan, tetapi tidak berani mengutarakan dan selalu ragu-ragu, hanya bersikap diam, secara bertahap Anda akan dilupakan.

Tidak ada yang suka ditolak, dilupakan, dikesampingkan , tetapi Anda selalu berpikiran negative terhadap diri sendiri dalam jangka panjang, bahkan Anda sendiri yang menutupi diri “karena takut ditolak dan merasa sedih.”

“Saya tahu bahwa saya tidak cukup baik, tidak cukup cantik, tidak heran dia mencintai orang lain.”

“Saya terlalu bodoh, selalu mengacaukan masalah, tidak heran semua orang tidak menghargai saya.”

“TIdak masalah, saya hanya berperan sebagai peran pembantu, biasanya juga tidak ada yang akan peduli padaku!”

Meskipun isi wacana penuh ejekan dan kritik, tetapi sebenarnya tidak bisa disangkal bahwa, Anda berharap untuk mendapatkan penegasan sebaliknya dari orang lain, mendengar mereka memberitahu Anda: ” Ah Anda tidak demikian, saya berpikir Anda cantik, saya pikir Anda melakukan dengan baik.”

Sayangnya, dalam memperoleh kepuasan dan sukacita jangka pendek, kepercayaan diri yang sejati, dapat berubah bukan karena satu atau dua patah kata dan pujian orang lain, waktu berikutnya, dan waktu berikutnya, Anda masih seperti biasa, penuh kurang percaya diri dan menyangkal diri sendiri.

Anda selalu memberikan kata pujian kepada teman dan sering mengucapkan terima kasih, mengagumi orang di sekeliling Anda, tetapi lupa yang benar-benar paling membutuhkan dihargai dan disukai adalah Anda sendiri!

Anda selalu ingat untuk tidak melihat keburukan orang lain, memberikan perhatian yang paling toleran kepada orang lain, tapi lupa pada kenyataannya orang yang dikritik paling ganas adalah “diri Anda sendiri.”

Barbara De Angelis pakar hubungan masyarakat di dalam bukunya “Cinta adalah jawaban dari segala sesuatu,” menulis : “Aku seperti kebanyakan orang, sebagian besar waktu kehidupan , yang saya pikirkan adalah mengumpulkan piring yang saya rasa indah, tapi saya telah gagal, karena saya sendiri menjatuhkan piring-piring menjadi lempengan-lempengan yang rusak.

Jika Anda khawatir mengkritik orang lain dapat menyakiti mereka, maka silakan mendengarkan keheningan batin Anda sendiri, Anda dapat mendengar dia benar-benar sedang mendapatkan tekanan dari pemiliknya, jika Anda dapat mendeteksi kerapuhannya dan tekanannya dalam jangka waktu yang lama, maka mulai dari saat ini, berhentilah merendahkan dan mengkritik diri sendiri.

Jadikan “diri sendiri” sebagai salah satu teman yang paling dihargai! ketidakberdayaannya yang tak tertahankan, rasa sakit dan frustrasi, paling membutuhkan hiburan dan dorongan dari Anda, karena tidak ada siapapun, daripada “diri sendiri ” yang lebih layak mendapat dorongan dan semangat.

Hanya Anda benar-benar mencintai, menghadapi, maka Anda dapat melihat wajah sebenarnya dari diri Anda sendiri, dan dengan penuh rasa syukur dan sukacita menerimanya, memiliki lebih banyak kekuatan dan keberanian untuk percaya bahwa diri sendiri adalah yang paling unik dari kehidupan di alam semesta ini!