PADANG SIDEMPUAN –  Isak tangis mewarnai saat siswi SMK Negeri 3 Padang Sidempuan, Sumatera Utara,  Amelia Naustion (19) menghembuskan nafas terakhir setelah dirawat di RSUD Padang Sidempuan, Senin (10/4/2017).

Pihak keluarga terutama ayahnya ditinggalkan duka yang mendalam. Sedangkan ibunya Amelia sudah mendahuluinya sejak lama. Rekan-rekan dan handai tolan turut terpukul menyaksikan kepergian remaja yang dikenal pintar menjahit itu.

Sebagaimana ditulis oleh media lokal, Amelia sebelumnya nekat mengakhiri hidupnya dengan percobaan menenggak racun tanaman yang dibeli di warung, Sabtu (2/4/2017). Namun kondisinya masih bisa diberi pertolongan saat dibawa ke Rumah Sakit. Hingga akhirnya meninggal dunia seminggu lebih sejak dirawat di Rumah Sakit.

Kejadian ini bukan tanpa sebab sebelumnya pada akun media sosialnya, Amelia menulis tentang adanya praktek kecurangan Ujian Nasional yakni pembocoran kunci jawaban oleh oknum guru. Dia pun pada akhirnya menerima adanya intimidasi mulai ancaman penjara.

Apa yang dialami oleh Amelia bukan perlakuan yang diterima seorang dirinya. Kedua rekannya yakni Idda dan Rini juga menerima intimidasi dan ancaman serupa. Disebutkan ada tiga oknum guru yang memarahi mereka bertiga atas status di media sosial mereka. Ketiga siswi ini ditakuti bahwa mereka terancama dipenjara atau didenda karena mengungkap adanya praktek kecurangan.

Kabar ini akhirnya sampai ke Jakarta, saat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy ikut turun tangan dengan memerintahkan stafnya untuk menyelidiki duduk permasalahan yang terjadi dengan Amelia Nasution.

Hal serupa juga ditegaskan oleh Irjen Kemdikbud, Daryanto dengan melakukan pendalaman untuk mengetahui lebih jauh motif terjadinya percobaan bunuh diri. Daryanto berharap kejadian ini menjadi pelajaran bersama dan menyesalkan jika benar adanya motif ancaman.

Sementara Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Retno Listyarti ketika dihubungi sejumlah wartawan meminta tak ada lagi korban lainnya setelah Amel. Menurut dia, ada sejumlah pihak yang ingin mengaburkan bahwa kematian Amelia tak berkaitan dengan adanya intimidasi dari pihak guru. (asr)

Share

Video Popular