BOGOR – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan  pada Kamis (13/4/2017) sekitar pukul 23.00 WIB Jembatan Cipamingkis di Jl. Transyogi Cibubur-Cianjur tepatnya di Kampung Jagaita, Desa Jonggol, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat ambruk akibat pondasi jembatan diterjang banjir.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya menyebutkan jembatan milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang menghubungkan Jonggol – Cariu ini dibangun 30 tahun lalu.

Langkah ini seiring dengan dibukanya jalan yang dinamai Transyogi yakni nama mantan gubernur Jabar Moch. Yogie Suardi Memet. Akibat pondasi yang amburk ini memaksa semua jenis kendaraan tidak bisa lewat.

Untuk sementara, jalur alternatif bagi arus kendaraan kecil yang dapat dilalui dari Jonggol arah ke Cariu dan atau sebaliknya yaitu :

1 – Memutar melalui Cibarusah Desa Sirnajati ke Kp. Rawabogo Desa Weninggalih keluar jalan Transyogi

2- Memutar melalui Kec. Sukamakmur – Gn. Batu Desa Sukaharja – Menteng Desa Sukadamai – Kp. Mengker Desa Sirnagalih Jalan Transyogi atau dari Gn. Batu arah ke Nyengcle Desa Selawangi Cariu atau langsung ke Tanjungsari – Cikalong.

“Pastinya pembangunan perbaikan jembatan tersebut bisa memakan waktu berbulan-bulan. Hal itu tentu pasti akan membuat repot semua orang. Semoga Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat segera turun tangan untuk menangani jembatan yang vital ini,” harap Sutopo. (asr)

 

Share

Video Popular