Erabaru.net. Ketika dunia merayakan Hari Wanita Internasional pada Rabu (8 Maret) lalu, sangat menginspirasi untuk membaca kisah tentang wanita India yang menjadi contoh bagi orang lain.

Nanammal, seorang nenek berusia 98 tahun di Kota Coimbatore, bagian Selatan Tamil Nadu, India, menginspirasi bagi para kaum muda untuk menjalani hidup yang aktif dan sehat dengan berlatih Yoga.

Wanita berusia sangat tua ini, telah berlatih latihan olah tubuh kuno ini sejak berusia lima tahun, dia melatih hampir seratus murid dari berbagai kelompok umur, yang datang kepadanya untuk mempelajari Yoga.

Sebagai Ibu dari dua orang putra dan tiga putri, Nanammal sangat bugar dan sehat, bahkan di usianya yang sudah mendekati satu abad ini, dia bangun setiap hari pukul 5 pagi. Untuk berlatih Yoga.

Wanita yang sudah sangat lanjut usia ini mengatakan bahwa yang telah membuatnya panjang umur adalah sebuah latihan kuno dan berkata bahwa latihan itu perlu dilatih setiap hari.

“Saya tidak bisa mengatakan apa tepatnya manfaat dari berlatih Yoga, namun jika seseorang berlatih Yoga hal itu akan bisa membuat hidupnya menjadi sehat.

Namun mereka harus terus berlatih. Saya telah melahirkan lima anak dan mereka semua juga berlatih Yoga, mereka juga mengajarkan Yoga kepada orang lain,” kata Nanammal.

Nanammal mengklaim bahwa dia telah menguasai lebih dari 50 macam asana, atau pose.

cdn.artofliving.org

Salah satu muridnya, Keerthana, berkata bahwa dia mulai berlatih Yoga setahun yang lalu ketika bertemu dengan Nanammal.

“Sebelumnya saya tidak memiliki keyakinan terhadap Yoga.

Sekarang saya berlatih setelah bertemu dan melihat nenek ini melakukan Yoga di usia 97 tahun.

Sebelum berlatih Yoga, saya punya beberapa masalah kesehatan.

Sekarang seluruh keluarga saya berlatih latihan kuno ini.

Satu-satunya motivasi saya adalah bahwa jika pada usia nenek ini yang sekarang dapat berlatih Yoga, maka mengapa kita tidak?

Itu adalah kisah bagaimana keluarga saya tertarik untuk berlatih Yoga,”kata Keerthana.

Nanammal berasal dari keluarga yang telah berlatih latihan fisik dan spiritual kuno ini selama beberapa generasi.

Dia belajar Yoga dari kakeknya. Kelima anaknya juga berlatih dan mengajar Yoga.

Tekad Nanammal untuk terus mengajar Yoga menjadikannya inspirasi bagi para pria dan wanita, tua dan muda.(NTD.TV/Julius/Yant)

Share
Kategori: VIDEO

Video Popular